Dari Mudah hingga Ekstrem, Kenali Sederet Cara untuk Cegah Ngorok

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 612 2485222 dari-mudah-hingga-ekstrem-kenali-sederet-cara-untuk-cegah-ngorok-QWeWH2efCI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGKUR memang bisa mengganggu tidur orang di sebelah Anda. Sayangnya, kita tidak tahu apakah kita tidur mendengkur atau tidak. Meski demikian, ketika Anda mengalami alergi ada kemungkinan besar anda mendengkur.

Pakar saraf Chelsie Rohrschieb, PhD menyarankan Anda rutin menyemprot hidung menggunakan obat semprot hidung sebelum tidur untuk membantu mengatasi peradangan hidung yang disebabkan oleh alergi.

Apabila penyebabnya dari fisik Anda, seperti lidah yang lebih besar atau mulut yang kecil, direktur medis di Sleep Center, Respiratory Therapy dan PFT Lab di Phelps Hospital, Steven Thau, MD, menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) untuk membantu Anda memilih opsi yang tepat untuk Anda.

"Sementara bila penyebab dengkuran karena posisi tidur terlentang, Anda bisa mencoba posisi tidur lain, walau memang akan sulit mengubah kebiasaan jangka panjang. Belum lagi, Anda tidak bisa mengontrol posisi tidur dalam keadaan terlelap," jelas dia seperti dikutip Antara dari Health.

Ngorok

Bagi siapa pun yang berjuang untuk meredakan mendengkur, Pakar psikiatri dan pengobatan tidur sekaligus pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu MD menyarankan untuk memberi semacam ganjalan di punggung atau bagian belakang tubuh Anda. Cara ini walau cenderung ekstrem, tetapi akan membantu Anda berguling ke samping setiap kali Anda berada dalam posisi tidur terlentang di malam hari.

"Ada beberapa kebiasaan tambahan yang dapat membatasi atau menghentikan dengkuran antara lain berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, obat penenang sebelum tidur dan merokok karena bisa bisa mengiritasi saluran hidung," jelas dia.

"Sementara alkohol bisa mengendurkan otot dan dapat memperburuk dengkuran," tambahnya.

Selain itu, penggunaan nasal dilator atau nasal strip untuk membantu membuka jalur udara lewat hidung sehingga membuat Anda bernapas lebih saat Anda tidur juga bisa menjadi pilihan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini