5 Bahan Dapur yang Ternyata Ampuh Hilangkan Bau Ketiak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 612 2485386 5-bahan-dapur-yang-ternyata-ampuh-hilangkan-bau-ketiak-59uzOvkzyr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang tidak sadar mereka memiliki bau badan. Salah satu yang mengakibatkan bau badan tersebut tidak lain adalah ketiak yang basah. Ketiak basah akibat keringat jadi salah satu pemicu timbulnya bakteri penyebab bau tak sedap.

Bau badan yang ditimbulkan dari ketiak yang basah, apalagi di musim panas seperti sekarang bagi sebagian orang tetap tak bisa hilang hanya dengan menggunakan deodoran atau antiperspirant roll-on.

Bakteri yang hidup di permukaan kulit memecah protein saat kita berkeringat dan ada pelepasan beberapa senyawa asam yang berbeda. Inilah yang menyebabkan bau menyengat.

Nah, jika Anda termasuk orang yang memiliki masalah bau badan tak sedap yang ditimbulkan dari ketiak. Mungkin bisa coba lima cara sederhana ini, yang hanya membutuhkan bahan-bahan alami rumahan. Menghimpun Timesofindia, berikut lima cara mengusir bau tak sedap di ketiak hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Bau Badan

Garam batu

Masukkan garam batu ke dalam ember berisi air hangat. Aduk rata sampai semua garamnya larut, lalu mandilah menggunakan air garam batu ini. Garam batu disebutkan mengandung kandungan bahan yang sifatnya bisa membersihkan dan juga menghilangkan keringat berlebih.

Semprotan cuka

Buat spray alami dari cuka apel, dengan cara mencampurkan 1 cup sari cuka apel dengan setengah cup air matang. Masukkan ke dalam botol semprot dan semprot pada kedua sisi ketiak setiap malam hari sebelum tidur. Cuci dengan air hangat saat bangun di pagi hari.

 

Kentang

Ambil kentang yang ada di dapur, lalu iris tipis kentang tersebut. Langsung gosokkan pada ketiak selama 30 menit. Cuci dengan air dan bau ketiak Anda akan memudar.

Baking soda

Bukan rahasia lagi jika baking soda banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembersih. Salah satunya bisa untuk ketiak loh! Cukup ambil dua sendok makan baking soda lalu campur dengan satu sendok makan air lemon.

Aduk rata sampai menjadi adonan pasta. Ambil pasta ini, lalu balur dan gosokkan di ketiak selama 10 menit dengan gerakan melingkar. Cuci ketiak sampai bersih dengan air.

Jus tomat

Tidak hanya menyehatkan tubuh, siapa sangka jus tomat juga berguna untuk menghilangkan bau menyengat pada ketiak. Caranya gampang loh! Campur jus tomat dengan jus lemon. Oleskan campuran kedua jus ini di ketiak selama 10 menit baru kemudian bilas dengan air dingin. Selamat mencoba!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini