Kemenkes: 64 Juta Orang Tak Punya Akses Cuci Tangan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 481 2485595 kemenkes-64-juta-orang-tak-punya-akses-cuci-tangan-YUC0wJP11n.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

HARI Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021 diharapkan jadi momentum masyarakat global semakin sadar akan pentingnya sanitasi dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, di masa pandemi Covid-19, cuci tangan pakai sabun adalah upaya pencegahan paparan virus.

Kementerian Kesehatan sendiri mengumumkan bahwa tema Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021 adalah 'Masa Depan Kita di Tangan Kita - Mari Beraksi Bersama untuk membuat CTPS Nyata Bagi Semua'.

Cuci Tangan

Diterangkan Vensya Sitohang, Direktur Kesehatan Lingkungan, Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, akses terhadap air, sanitasi, dan kebersihan adalah hak asasi manusia.

"Setiap orang harus memiliki akses ke air minum yang aman dan toilet bersih, serta fasilitas kesehatan yang aman," paparnya di webinar Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021, Rabu (13/11/2021).

Baca Juga : Tips Ajarkan Anak Cara Cuci Tangan Selama Isolasi Mandiri

Sayangnya, kata dia, di Indonesia 1 dari 4 orang tidak memiliki fasilitas cuci tangan di rumah mereka. "Jumlah ini 25% dari populasi atau sekitar 64 juta orang Indonesia tidak punya akses cuci tangan," katanya.

Padahal, mencuci tangan pakai sabun adalah cara paling murah dan paling efektif untuk menghentikan penularan Covid-19 yang sekarang ini menjadi perhatian bersama. Tak hanya itu, kebiasaan baik tersebut juga menjadi tindakan pencegahan penting bagi banyak penyakit lainnya.

"Jadi, kebiasaan cuci tangan pakai sabun tak hanya mencegah Covid-19, tetapi juga menurunkan penyakit diare hingga 30% dan ISPA hingga 20%. Itu merupakan dua penyebab utama kematian anak balita di Indonesia," papar Vensya.

"Oleh karena itu, amat penting memiliki akses cuci tangan pakai sabun di setiap keluarga. Tak hanya punya fasilitas, masyarakat juga diharapkan tahu betul bagaimana teknik mencuci tangan yang benar dan kapan waktunya cuci tangan untuk memaksimalkan manfaatnya," tambahnya.

Dalam perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021 ini Kemenkes melakukan suatu aksi masal atau gerakan bersama lintas kementerian atau lembaga, organisasi profesi, mitra pembangunan air minum dan sanitasi, bersama masyarakat pada 10.000 lokus yang diharapkan dapat tercatat pada rekor muri. Upaya ini dilakukan untuk menggerakan masyarakat semakin bersahabat dengan perilaku cuci tangan pakai sabun di kehidupan sehari-hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini