Anak Sering Alami Alergi, Ini Cara Mendeteksinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 481 2485769 anak-sering-alami-alergi-ini-cara-mendeteksinya-Zyy88UwuJu.jpg Anak (Foto: Shutterstock)

IKATAN Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat angka kejadian alergi akibat susu sapi (ASS) mencapai 2-7,5 persen. Selain itu kasus ASS ini juga terus bertambah dan didominasi pada anak di usia awal kehidupan.

Oleh sebab itu perhatian dan dukungan dari para orangtua sangat penting. Tujuannya untuk mendapat penanganan yang tepat sehingga asupan nutrisi anak tetap terpenuhi dan tidak menghambat tumbuh kembang anak.

 anak

Sebagaimana diketahui, gejala alergi umumnya bermanifestasi pada saluran pernapasan, kulit, serta saluran cerna. Sementara, gangguan di saluran cerna menjadi gejala alergi paling tinggi dengan persentase sebanyak sebesar 50-60% berupa konstipasi.

Dalam sesi webinar pada Rabu (13/10/2021), Mom Influencer, Binar Tika berbagi pengalamannya dalam menangani anak dengan ASS. Menurutnya, sebagai orangtua tentunya selalu ingin memastikan asupan nutrisi terbaik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.

"Dalam masa pertumbuhan, anak saya sering mengalami reaksi seperti konstipasi. Saya menganggap reaksi tersebut hanya gangguan saluran cerna biasa dan normal terjadi mengingat sistem pencernaan pada anak belum optimal dan masih rentan," terang Binar Tika.

Namun demikian, hal ini menjadi tidak wajar ketika reaksi alergi tersebut terjadi secara berulang dengan jangka waktu yang cukup lama. Terlebih jika gejala alergi tersebut muncul setelah diberikan susu pertumbuhan berbahan protein sapi.

"Sebagai orangtua yang memiliki anak dengan ASS, akan sangat membantu jika ada alat yang dapat mendeteksi alergi saluran cerna, sehingga orangtua lebih waspada dan anak mendapat penanganan yang tepat," tuntasnya.

Melihat pentingnya deteksi dini gejala alergi saluran cerna pada si Kecil, saat ini telah tersedia alat deteksi digital untuk membedakan gejala alergi dan gejala saluran cerna fungsional (FGID) pada anak. Alat tersebut bernama Allergy-Tummy Checker.

Fungsinya untuk mempermudah orangtua dalam membedakan gejala gangguan saluran cerna yang disebabkan oleh alergi atau hanya gangguan saluran cerna biasa. Nantinya paraorangtua dapat mengetahui tata laksana yang diperlukan anak untuk menghindari kondisi pemicu alergi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini