Masih Sering Dianggap Remeh, Dokter Tirta Bahas Kesehatan Mental

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 481 2485822 masih-sering-dianggap-remeh-dokter-tirta-bahas-kesehatan-mental-ZQQEbvZmGj.jpg Dokter Tirta (Foto : Youtube/Tirta PengPengPeng)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. dr. Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Kali ini dr Tirta membuat video khusus untuk membahas tentang kesehatan jiwa atau kesehatan mental. dr Tirta menyebutkan bahwa kesehatan mental merupakan isu yang masih suka dianggap remeh. Nyatanya, gejala cemas atau anxiety dapat memunculkan gejala-gejala penyakit lain yang membahayakan tubuh.

Dokter Tirta

dr Tirta pun mengungkapkan bahwa psikosomatis merupakan gejala umum yang sering dialami anak muda terutama perempuan dan juga ibu-ibu. Psikosomatis merupakan hubungan antara pemikiran atau psikis yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh atau sebaliknya. Terkadang, saat dilakukan pemeriksaan tidak ada keanehan yang terjadi dalam tubuh.

“Karena hormon stress-nya naik terjadi instability hormon di dalam tubuh. Akhirnya ketika stress naik aktivitas saraf simpatis jadi meningkat, mual, muntah, tiba-tiba deg-degan, ketika diperiksa normal” ujar dr Tirta.

Dokter tersebut pun kemudian menyarankan penderita psikosomatis untuk bercerita atau berkonsultasi kepada psikiater atau psikolog. “Ketika pikiranmu aja sudah buruk banget, maka kamu akan lebih mudah terkena penyakit. Bukan imunnya turun tetapi instability hormon “ ujar dr Tirta.

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

https://www.youtube.com/watch?v=S7sv5U38c_0

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#drtirta

#smn

#starhits

#hitsrecords

#msin

#mncstudiosinternational

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini