Cek Fakta: Eropa Hentikan Vaksin Covid-19 Minggu Depan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 612 2485469 cek-fakta-eropa-hentikan-vaksin-covid-19-minggu-depan-FN6DwONYTq.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

KASUS Covid-19 di Singapura memang mengalami lonjakan, setelah sebelumnya negara tersebut memilih untuk menurunkan level kewaspadaan dan menganggap Covid-19 sebagai flu biasa. Memang, salah satu yang menjadi kunci keberhasilan menangani Covid-19 adalah tingkat vaksin.

Tapi, baru-baru ini beredar pesan berantai yang menyebutkan bahwa Uni Eropa akan menghentikan vaksin Covid-19 mulai 20 Oktober 2021. Pesan berantai tersebut tersebar dalam bahasa melayu disertai dengan link website Uni Eropa.

Tentunya informasi ini menimbulkan tanda tanya besar di masyarakat. Sebab saat ini Indonesia sedang gencar melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 agar tercipta herd immunity (kekebalan kelompok) bagi masyarakatnya.

Hoax

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (13/10/2021), memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoax semata.

Tautan yang mengarah padar website resmi Uni Eropa (ec.europa.eu) tersebut justru menyebut vaksin sebagai jalan terbaik untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Dalam rilis itu juga disebutkan strategi untuk pengobatan pada pasien Covid-19 merupakan kelanjutan dari strategi vaksin.

Vaksinasi Covid-19 ini terbukti dapat mencegah dan mengurangi penularan. Tingkat rawat inap dan kasus kematian. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini