Viral Polisi Smackdown Mahasiswa, Dokter Tirta Cemaskan Saraf Pusat Tulang Belakang Korban

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 481 2486034 viral-polisi-smackdown-mahasiswa-dokter-tirta-cemaskan-saraf-pusat-tulang-belakang-korban-bhmYkn6vj9.jpg Dokter Tirta (Foto: IG Dokter Tirta)

AKSI membanting mahasiswa yang dilakukan seorang polisi viral di media sosial. Banyak sekali akun Twitter membagikan video tersebut hingga tagar 'Smackdown' pun menggema.

Dari video yang beredar, diketahui kejadian tersebut terjadi saat demo mahasiswa dalam rangka HUT ke-389 Kabupaten Tangerang. Informasi yang beredar mengatakan kalau si mahasiswa kondisinya sudah sehat.

Mahasiwa

Dokter Tirta angkat suara mengenai kejadian ini. Menurutnya, aksi polisi membanting mahasiswa itu jangan ditiru karena amat berbahaya. Salah satu efek yang bisa dialami si mahasiswa adalah masalah di saraf tulang belakang.

"Tindakan membanting gini jangan ditiru, karena pada tulang belakang, ada sistem saraf pusat. Ybs yang membanting sudah meminta maaf, tapi fyi saja, tindakan ini sangat berbahaya," kata Dokter Tirta di Twitternya, dikutip MNC Portal, Kamis (14/10/2021).

Polisi Smackdown Mahasiswa

Ia menambahkan, "Mungkin sekarang selamat, itu Alhamdulillah. Tapi, saya pernah melihat yang jatuh dan cedera tulang belakang." "Aturan pada benturan tulang belakang adalah pengawasan 24 jam mengenai keluhan dia. Apalagi ada kepala," tambah dr Tirta.

Baca Juga : Kapolda Banten Minta Maaf Usai Insiden Polisi Banting Mahasiswa Diapresiasi

Dapat dijelaskan juga dalam video yang beredar, setelah si mahasiswa dibanting dengan amat keras, sampai terdengar bunyi seperti benda jatuh ke lantai, beberapa orang coba membantu si mahasiswa. Namun, terlihat ada beberapa orang yang menepuk-nepuk punggungnya dan membaringkan tubuhnya.

Aksi brutal tersebut pun menuai banyak komentar netizen. Beberapa coba menerangkan efek samping dari bantingan tersebut.

"Ada juga yang lumpuh karena cedera tulang belakang, dok," kata @Kikyla***. Dokter Tirta pun merespons pernyataan ini, "Ya, itu saya pernah membantu penanganan yang berakhir itu," jawabnya.

"Teman akrab dulu seperti ini. Cuma gara-gara main bola, jatuh ke belakang kayak gitu, syaraf tulang belakangnya kena dan jalannya bungkuk sampai 14 tahunan. Sampai akhirnya bisa sembuh," ungkap netizen lain.

"Korbannya kelihatan kejang gitu terus sama aparat malah dibikin ke posisi duduk nambahin efek ke tulang belakangnya, gak, dok?" tanya @schxx***. Dokter Tirta pun merespons pernyataan ini, "Iya benar".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini