Ibu Hamil dengan Diabetes Boleh Divaksin Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 481 2486175 ibu-hamil-dengan-diabetes-boleh-divaksin-covid-19-sBJPMcOKWc.jpg Ibu hamil (Foto: Hindustan times)

RUPANYA vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil tak jauh berbeda dengan individu pada umumnya. Namun, proses skrining pada ibu hamil memang lebih panjang karena mempertimbangkan aspek keselamatan ibu maupun janin yang dikandung.

Salah satu pernyataan yang masih banyak dilontarkan masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 ibu hamil adalah apakah boleh ibu hamil dengan diabetes menerima suntikan vaksin?

 Diabetes

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta dr Nana Agustina, Sp.OG menerangkan, ibu hamil dengan riwayat diabetes itu pertimbangan boleh atau tidaknya menerima vaksin tergantung dari kondisi terkendali atau tidak penyakit diabetesnya.

"Artinya, jika diabetes si ibu hamil terkendali dengan baik, maka si ibu boleh mendapatkan vaksin Covid-19 di waktu usia kandungan 13-33 minggu," terang dr Nana di Webinar Kesehatan HalloBumil X RSIA Bunda X Morula IVF, Kamis (14/10/2021).

"Nah, jika si ibu diabetesnya tidak terkontrol, maka kami sebagai dokter tidak merekomendasikan si ibu hamil tersebut menerima vaksin Covid-19," lanjut dr Nana.

Selain diabetes yang tidak terkontrol, kondisi lain yang tidak direkomendasikan bagi ibu hamil menerima vaksin Covid-19 adalah jika si ibu memiliki kanker yang tidak terkontrol ataupun memiliki masalah dengan imunitas seperti autoimun.

"Selebihnya, jika si ibu hamil sehat, ya, sangat boleh menerima vaksin. Itu juga sebagai upaya menjaga ibunya sendiri maupun bayi yang dikandung dari kondisi buruk jika terpapar Covid-19 tanpa vaksin," terang Kepala Obgyn RSIA Bunda Jakarta tersebut.

Dokter Nana menambahkan sedikit bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang mau vaksinasi Covid-19. Poin pertama yang ditekankan adalah sebelum mendapat suntikan vaksin, pastikan ibu hamil tidak sedang terinfeksi apapun, tidak sedang demam, ataupun pre-eklamsi.

"Jadi, jika ditanya apa persiapan utama bagi ibu hamil sebelum disuntik vaksin, yang paling utama adalah ibu harus benar-benar sehat. Jangan ragu untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungannya untuk memastikan kelayakan menerima vaksin Covid-19," tambah dr Nana.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini