Hari Cuci Tangan Sedunia, Sudah Benarkah 6 Langkah Mencuci Tangan Kita?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 612 2486470 hari-cuci-tangan-sedunia-sudah-benarkah-6-langkah-mencuci-tangan-kita-CNMdraLl9t.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI Cuci Tangan Sedunia merupakan kampanye global yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Tujuannya sendiri guna menurunkan persebaran penyakit menular. Peran cuci tangan pun terbukti semakin penting ketika pandemi ini terjadi.

Apalagi, kita harus mengajarkan kepada anak-anak untuk mencuci tangan demi masa depan yang lebih sehat. Cuci tangan merupakan proses membersihkan tangan dari kotoran atau virus yang menempel di kulit tangan.

Seperti diketahui, tangan mengandung lebih banyak bakteri dibanding bagian tubuh lainnya, karena tangan digunakan untuk beraktivitas sepanjang hari, termasuk menyentuh permukaan benda.

Namun, cuci tangan sendiri tidak cukup tanpa menggunakan sabun dan air mengalir. Dokter Spesialis Anak Kanya Ayu Paramastri Sp.A mengatakan, mencuci tangan harus menggunakan sabun supaya hasilnya lebih maksimal.

Cuci Tangan

Ini karena sabun mengandung salah satu senyawa berupa lemak. Dan, lemak ini jika bersentuhan dengan virus akan menghancurkan dinding virus tersebut sehingga diri kita lebih aman dari ancaman penyakit menular.

"Karena sabun mengandung 1 senyawa yang serupa lemak, nah si lemak ini pada saat dia bersentuhan dengan virus dia akan mengikat. Sehingga dinding virus itu hancur karena lemaknya tertarik," tutur Dr. Kanya dalam webinar Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2021 "Aksi C untuk Cuci Tangan Demi Masa Depan, Kamis (14/10/2021).

Setelah dibersihkan dengan sabun selama 20 detik, mencuci tangan juga harus dibilas dengan air mengalir. Adapun hal ini bertujuan agar virus yang menempel di kulit tangan dapat tersapu dengan air. "Kenapa harus dibilas dengan air mengalir? Agar tidak menempel lagi di tangan kita," sambungnya.

Lebih lanjut, Dr. Kanya menjelaskan bahwa mencuci tangan bukan hanya sekedar menyediakan sabun dan air. Namun, ada beberapa tahapan yang harus dilalui supaya diri kita lebih aman dari serangan virus dan bakteri. Karenanya, Dr. Kanya menjelaskan, berikut adalah 6 langkah mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air mengalir:

1. Gosok kedua telapak tangan

2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, dan sebaliknya

3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari

4. Jari-jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci

5. Gosok ibu jari kiri secara berputar dalam genggaman tangan kanan, dan lakukan sebaliknya

6. Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri, dan lakukan sebaliknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini