Masyarakat Baduy Disuntik Vaksin Covid-19, Menkes: Mereka Punya Hak yang Sama

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 481 2486666 masyarakat-baduy-disuntik-vaksin-covid-19-menkes-mereka-punya-hak-yang-sama-TIAmMkVKpU.jpg Masyarakat Baduy dapat vaksin Covid-19 (Foto: Sehatnegeriku)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa semua rakyat Indonesia memiliki hak yang sama dalam menerima vaksin Covid-19, termasuk masyarakat adat. Itu kenapa vaksinasi pada masyarakat Baduy dilakukan secara merata.

Vaksinasi Covid-19 setara dan merata sesuai dengan mandai Presiden Joko Widodo untuk mempercepat distribusi dan proses vaksinasi, khususnya ke wilayah yang aksesnya sulit. Ini juga sesuai dengan harapan Badan kesehatan Dunia (WHO) bahwa vaksin Covid-19 adalah hak semua masyarakat global tanpa terkecuali.

"Mereka (masyarakat adat) memiliki hak yang sama untuk divaksinasi, tanpa merusak kain sosial mereka," kata Menkes Budi saat meninjau vaksinasi masyarakat Baduy di Ciboleger, Kabupaten Lebak, Banten, dikutip dari Sehatnegeriku Kemenkes, Jumat (15/10/2021).

vaksinasi covid-19

Vaksinasi di Ciboleger sendiri menargetkan 1.000 peserta, yang diprioritaskan bagi 200 peserta dari masyarakat suku Baduy dalam dan luar, dan masyarakat wilayah Lebak pada umumnya.

Baca Juga : Cerita Lansia Tak Takut Suntik Dosis Ke-2 Pfizer MNC Center: Tak Mungkin Pemerintah Bikin Celaka

Strategi sosial menjadi misi Kemenkes dalam mempercepat tercapainya target vaksinasi. Pihaknya pun berterima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam mempercepat laju vaksinasi Covid-19 hingga saat ini sudah lebih dari 100 Juta masyarakat Indonesia menerima suntikan dosis pertama

"Klub pecinta alam seperti Mandalawangi, Mapala UI, Wanadri sangat membantu untuk kami bisa melakukan vaksinasi ke daerah sulit," kata Menkes.

Vaksinasi Covid-19, menurut Menkes mengemban misi sosial dalam upaya bersama mengurangi laju penularan sekaligus melindungi seluruh masyarakat Indonesia. "Vaksinasi bukan untuk melindungi diri sendiri. Dengan vaksin, kita bisa lindungi keluarga, tetangga, dan seluruh masyarakat Indonesia," tambah Menkes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini