Rekomendasi Usia Kandungan yang Aman bagi Ibu Hamil Disuntik Vaksin Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 481 2486706 rekomendasi-usia-kandungan-yang-aman-bagi-ibu-hamil-disuntik-vaksin-covid-19-7GggmBuD7a.jpg Ilustrasi (Foto: Medicaldaily)

USIA kandungan merupakan salah satu faktor penting yang dipertimbangkan bagi ibu hamil sebelum menerima vaksin Covid-19. Hal ini berkaitan dengan upaya menurunkan risiko yang tak diinginkan.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta dr Nana Agustina, Sp.OG, merekomendasikan ibu hamil yang mau menerima vaksin itu, sesuai ketetapan Kementerian Kesehatan, dimulai pada usia kandungan 13-33 minggu.

"Di usia kandungan itu, diharapkan janin sudah cukup kuat. Pemberian vaksin di bawah usia kandungan itu dikhawatirkan ada dampak bagi janin yang sedang dalam proses pembentukan," terangnya di webinar kesehatan, belum lama ini.

Ibu Hamil

Ya, usia kandungan 0 sampai 12 minggu itu adalah masa pembentukan janin. Nah, dengan adanya tindakan vaksinasi Covid-19, takutnya ada dampak, meskipun, tegas dr Nana, ini belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut.

"Jadi, vaksin diberikan dimulai pada minggu 13 usia kandungan diharapkan lebih relatif aman," terangnya.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Aman bagi Ibu Hamil

Terkait dengan anggapan vaksinasi kenapa tidak dilakukan sebelum melahirkan, di sekitar minggu 37 hingga 38, dr Nana menerangkan, di momen tersebut, akan cukup berisiko jika ibu hamil menerima vaksin Covid-19.

"Setiap vaksin itu ada KIPI-nya, nah jika diberikan di minggu-minggu sebelum melahirkan, itu akan susah menanganinya jika misalnya terjadi komplikasi prenatal," ungkapnya.

Baca Juga : POGI: Vaksin Covid-19 Beri Perlindungan untuk Ibu Hamil dan Janin

Itu kenapa, kata dr Nana, Kemenkes merekomendasikan usia kandungan 13-33 minggu sebagai waktu paling baik bagi ibu hamil menerima suntikan vaksin. "Keputusan itu ditetapkan dengan segala macam pertimbangan. Kami ingin ibu maupun bayinya sehat, makanya sangat diperhatikan soal usia kandungan," tambahnya.

Sementara itu, dr Nana menerangkan bahwa sebenarnya organisasi profesi POGI mengatakan bahwa usia kandungan berapapun tidak masalah untuk vaksinasi. "Tapi sekali lagi, kami menimbang adanya risiko bayi gugur, atau terjadi kelainan pada awal hamil, karena trimester pertama amatlah rentan," pungkas dr Nana.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini