BPOM Belum Izinkan Vaksin Zifivax untuk Anak-Anak

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 481 2487059 bpom-belum-izinkan-vaksin-zifivax-untuk-anak-anak-gZ8k37WYsN.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

SATU lagi vaksin Covid-19 yang disetujui oleh BPOM untuk menangkal virus corona. Yaitu Vaksin Zifivax atau vaksin Anhui, yang diproduksi oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical asal China.

Pada 7 Oktober 2021, Vaksin Zifivax ini resmi keluar izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA). Vaksin ini menambah daftar untuk mencegah Covid-19, selain Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer juga Moderna.

Spesialis Penyakit Dalam Good Doctor dr Jeffri Aloys Gunawan SpPD menjelaskan, efikasi vaksin Sififax pada fase 3 uji klinik sebesar 81,7 persen. KIPI aman, ringan dan tidak timbul masalah serius.

 Vaksin

"Tapi anak-anak belum bisa pakai, jadi untuk 18 tahun ke atas. Vaksin ini juga diteliti bisa untuk varian delta ini cukup ampuh, tapi memang belum bisa langsung didapatkan di pasaran," ujarnya saat live Instagram yang diadakan gooddoctor.id.

Bahkan kabar baiknya, Zifivax akan diproduksi di Indonesia. Sehingga dalam waktu dekat, masyarakat yang belum vaksin bisa mendapatkannya di sentra vaksinasi.

Dijelaskan dr Jeff lebih lanjut, Vaksin Sifivac belum diperbolehkan bagi ibu hamil. Sejauh ini, vaksin yang diperbolehkan bagi wanita hamil yaitu Moderna, Pfizer dan Sinovac.

"Sebelum vaksin sebenarnya perlu konsultasi dengan spesialis kandungan, sementara ini untuk bumil pilihan vksin banhak di Indonesia yaitu Pfizer, Moderna dan Sinovac," terangnya.

Di samping itu, ibu hamil tak perlu takut vaksin Covid-19. Berdasarkan studi, bila ibu hamil terpapar Covid-19, risiko kematiannya meningkat 70 persen.

"Maka untuk bumil lebih bagus divaksinasi. Terutama jika usia kehamilan di atas 13 minggu atau sudah lewat trimester pertama," terangnya.

Lalu bagaimana dengan ibu menyusui, amankah dapat vaksin Covid-19. Dituturkan dr Jeff, ibu menyusui malah bisa kapanpun vaksin selagi kondisi badan prima. Semua jenis vaksin yang ada di Indonesia juga boleh dipakai.

"Meski menyusui tetap harus divaksinasi, karena enggak efek samping ke bayi. Katanya ibu-ibu sering tahu akan ada komponen vaksin masuk ke dalam tubuh bayi, dari penelitian enggak terbukti, jadi tetap aman dan antibodi saja yang masuk dari hasil vaksin, jadi enggak usah takut meski vaksin, tetap bisa menyusui," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini