Masih Muda tapi Uban Sudah Tumbuh? Ini 6 Penyebabnya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 611 2486803 masih-muda-tapi-uban-sudah-tumbuh-ini-6-penyebabnya-nUuuXrqloN.jpg Uban (Foto: Moolue weebly)

RAMBUT yang sehat dan berkilau adalah tanda kesehatan dan keremajaan secara keseluruhan. Rambut dapat secara signifikan mengubah penampilan seseorang dan memberikan rasa percaya diri.

Seiring bertambahnya usia, perubahan warna rambut adalah hal yang normal. Tetapi rambut putih alias uban di saat ini dapat muncul hampir setiap saat dalam kehidupan seseorang. Bahkan remaja dan mereka yang berusia 20an sudah mulai muncul uban.

Hal ini dikenal sebagai rambut beruban prematur dan menjadi perhatian yang semakin berkembang bagi generasi muda saat ini. Melansir Times of India, mari kita lihat apa yang menyebabkan rambut beruban prematur.

 uban

1. Keturunan dan genetika

Dalam beberapa kasus, rambut beruban dapat disebabkan oleh gen. Gen terdiri dari DNA. Dalam kasus seperti itu, menjadi sulit untuk melakukan apa pun. Selain itu, ras dan etnis juga memiliki peran.

2. Polusi

Orang yang tinggal di perkotaan cenderung menghadapi polusi setiap hari. Seperti yang kita ketahui, pencemaran lingkungan ini membuat folikel rambut kita lemah.

3. Stres

Uban prematur juga dapat disebabkan oleh hipertensi, stres, dan kecemasan. Rambut yang rontok, karena alasan yang disebutkan di atas, dapat tumbuh memutih ketika panjang.

4. Merokok

Studi penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara rambut beruban dan merokok untuk semua kelompok umur. Jadi, mulai hindari rokok untuk menghindari uban prematur ya!

5. Kekurangan dalam diet

Tidak memiliki cukup vitamin seperti Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E, serta Zat Besi dan Seng, dapat menyebabkan rambut beruban dan rambut rontok.

Kadar tembaga yang rendah juga dapat menyebabkan uban prematur. Di sisi lain, makanan kemasan, sampah, olahan, atau olahan mungkin berkontribusi lebih banyak lagi.

6. Kondisi medis

Penyakit autoimun dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami uban prematur. Alopecia areata, gangguan kulit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut di kulit kepala, wajah, dan area tubuh lainnya, juga dikaitkan dengan rambut putih. Karena kurangnya melanin, rambut cenderung menjadi putih ketika ia tumbuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini