Sering Marah Gak Jelas? Mungkin Ini Sejumlah Penyebabnya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 612 2486846 sering-marah-gak-jelas-mungkin-ini-sejumlah-penyebabnya-QZxeJyylFt.jpg Marah gak jelas (Foto: Aquarius man)

RUPANYA stres, kecemasan, dan frustasi adalah faktor yang memicu kemarahan kita dengan cara yang paling tidak terduga. Seseorang tidak perlu menjadi pemarah agar kemarahan mereka meledak.

Meskipun marah sesekali adalah bagian dari emosi manusia, tindakan kemarahan yang acak tidak terlalu sehat.

Jadi, melansir Times of India, inilah beberapa kemungkinan alasan yang menyebabkan seseorang suka marah gak jelas. Apa saja?

 marah gak jelas

1. Kurangnya batasan

Ketika Anda tidak memiliki batasan yang pasti dengan orang-orang, mereka mengharapkan Anda untuk mengatakan "ya". Akibatnya, Anda entah bagaimana merasa dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang menyebabkan Anda merasa kesal.

Anda bahkan akan merasa bahwa orang akhirnya mengambil keuntungan dari Anda karena Anda tidak bisa mengatakan "tidak" atas permintaan mereka.

2. Merasa tidak dihargai

Anda pasti merasa tidak dihargai ketika Anda mengharapkan orang-orang terdekat Anda memberi Anda semua perhatian. Anda mungkin merasa marah jika pikiran Anda tidak diakui atau diremehkan, bahkan setelah berbagi dengan orang yang bersangkutan.

3. Mengontrol masalah

Kebutuhan untuk memiliki kendali atas segala sesuatu adalah sifat yang sangat negatif yang dapat membahayakan Anda, terutama jika Anda mudah marah. Anda bisa benar-benar marah jika Anda akhirnya kehilangan kendali atau tidak mampu menguasai suatu situasi.

4. Menekan emosi

Memendam emosi Anda akan menyebabkan ledakan kemarahan yang sering terjadi. Tidak ada yang bisa menyimpan semua perasaan mereka di dalam diri mereka karena, pada satu titik, Anda akhirnya harus melampiaskannya. Semakin Anda menyimpan perasaan itu di dalam diri Anda, semakin banyak kebencian yang akan Anda rasakan.

5. Masalah kesehatan

Gangguan seperti Attention Deficit Hyperactivity disorder (ADHD), Borderline Personality Disorder (BPD), Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD) dan banyak lagi hanyalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin mengalami rasa marah yang tiba-tiba.

Solusi yang mungkin di sini adalah berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan dan stabilisasi. Meski marah merupakan emosi yang umum dirasakan manusia, namun jika Anda selalu ingin marah bahkan untuk hal-hal sepele, mulailah untuk belajar menyalurkan emosi Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini