Unik, Begini Kisah Cinta Sapi dengan Macan Tutul

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 612 2486965 unik-begini-kisah-cinta-sapi-dengan-macan-tutul-gjeVq6wZyx.jpg Sapi dan harimau (Foto: Oddity central)

BELUM lama ini beredar foto viral yang memperlihatkan seekor macan tutul dan sapi berpelukan di suatu pedesaan India. Kelakuan kedua hewan tersebut memperlihatkan kisah cinta unik antara dua spesies yang sangat tidak mungkin.

Sebagaimana diketahui, sapi dan macan tutul biasanya bukan teman yang baik. Sebab macan tutul terkadang memangsa sapi untuk bertahan hidup. Namun, hal tersebut dipatahkan dengan dengan foto viral yang beredar ini.

 sapi dan harimau

Merangkum dari Oddity Central, Jumat (15/10/2021) foto tersebut menunjukkan seekor macan tutul dewasa sedang berpelukan dan bermain dengan sapi.

Kisah di balik foto-foto itu telah menarik perhatian selama bertahun-tahun. Foto-foto itu merupakan bukti bahwa keajaiban bisa terjadi. Meski foto-foto tersebut telah beredar di dunia maya selama 19 tahun, namun terkadang masih diposting sebagai berita.

Kisah cinta terlarang dari kedua hewan ini paling sering dikaitkan dengan salah satu desa yang tidak disebutkan namanya di Assam. Padahal kenyataannya kejadian itu terjadi di desa Antoli, negara bagian Gujarat di India.

Menurut situs web pembongkar hoaks Social Media Hoax Slayer, berita yang pertama kali muncul adalah artikel 2002 yang diposting di situs web Times of India. Pada Oktober 2002, kehidupan damai penduduk Antoli terganggu oleh kehadirian macan tutul tersebut.

Alih-alih mencari makanan atau hanya menyerang hewan peliharaan, tampaknya macan tersebut tertarik pada sapi.

"Macan tutul mendekat. Lalu macan itu perlahan berguling dan mengangkat satu kaki dan meletakkannya dengan lembut di kepala sapi, dan mengeluarkan suara mendengkur," tulis unggahan tersebut.

Seakan membalas tindakan sang macan, sapi itu mengeluarkan suara 'moo' lembut sebagai tanggapan dan menjilat macan tutul. Macan tutul, tampak dalam suasana hati yang menyenangkan, duduk dan menunggu untuk dipeluk.

Meskipun sebagian besar unggahan memperlihatkan hubungan akrab dari kedua hewan tersebut, namun sumber asli tidak menyebutkan apa pun terkait dengan hal itu. Seorang ahli konservasi hutan memprediksi bahwa macan tutul mungkin tumbuh di sekitar manusia dan akrab dengan hewan peliharaan lainnya.

“Kadang-kadang perilaku hewan bisa dimodifikasi. Dalam hal ini, mungkin karena macan tutul telah melewati tahap sub-dewasa, hidup di daerah pedesaan dan tidak sepenuhnya di lingkungan liar," ujar H.S. Singh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini