Anak Berangkat Sekolah Tanpa Sarapan Buat Mereka Tak Fokus Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 16 Oktober 2021 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 481 2487403 anak-berangkat-sekolah-tanpa-sarapan-buat-mereka-tak-fokus-loh-4PxgbCbuUj.jpg Ilustrasi. (Foto: Eatright)

ORANGTUA masih mengabaikan anak tak sarapan sebelum berangkat sekolah. Hal ini bisa mengganggu tumbuh kembang si kecil loh Moms.

Saat jadwal makan anak tidak teratur, tentu membuat anak akan merasa lapar. Jika anak lapar, tentu dia tak fokus belajarnya.

Bagaimana jika kebiasaan ini masih terjadi setiap pagi. Tentunya akan berisiko buruk bagi kesehatan anak.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Eni Harmayani mengungkapkan, banyak anak berangkat ke sekolah dalam kondisi lapar. Karena orangtua sering tak punya waktu memasak di pagi hari.

"Dapur itu padahal sebagai pusat tumbuh kembang anak," kata Prof Eni dalam acara kampanye Bikin Dapur Ngebul bersama Foodbank of Indonesia di Jakarta.

 Sarapan

Eni pun mengajak para ayah atau ibu untuk memulai masak lagi di dapaur. Tak ada alasan sibuk atau sulit membuat variasi menu makanan untuk anak.

Jika hal ini terus berlanjut, dampaknya bisa berpengaruh pada kesehatan anak. Terutama kecukupan nutrisi dan kalori harian mereka.

"Risikonya tentu membuat anak kurang gizi. Menjadi tidak fokus dan tidak semangat dalam belajar," tambahnya.

Orangtua harus memperbanyak lagi pilihan menu makanan untuk si kecil. Selain ayam atau daging, ikan juga bisa menjadi pilihan.

Direktur Pemasaran Produk Kelautan KKP Mahmud menjelaskan, ikan menjadi salah satu sumber nutrisi yang penting bagi pertumbuhan anak. Karena kandungan protein ikan sangat tinggi.

"Biar dapur tetap ngebul, harus ada yang dimasak. Yang dimasak itu ikan," katanya.

Lebih lanjut, Mahmud mengatakan potensi ikan tangkap di Indonesia mencapai 12 juta ton. Ikan tangkap ini mayoritas adalah ikan yang ditangkap di laut.

Jenis ikan-ikan yang berkembang biak di Indonesia sangat beragam. Ya, dia menyebutkan ada sekira 8.500 jenis ikan yang ada di Indonesia.

"Ikan-ikan yang menjadi sumber protein dan kaya omega tiga ini memiliki peran untuk mencukupi asupan gizi masyarakat, khususnya anak-anak," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini