Bioskop hingga Gym Sudah Dibuka, Prof Beri Ingatkan ketika Masyarakat Panik Cari Tabung Oksigen

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 16 Oktober 2021 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 612 2487355 bioskop-hingga-gym-sudah-dibuka-prof-beri-ingatkan-ketika-masyarakat-panik-cari-tabung-oksigen-Tph7jNKF78.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RENDAHNYA kasus Covid-19 membuat pemerintah membuka beberapa tempat umum. Banyak sektor kembali dibuka, meskipun tidak bisa dijalankan dengan kapasitas penuh.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban mewanti-wanti kepada pengambil keputusan untuk tidak sembarang membuka kembali banyak sektor kehidupan. Ini demi terjaganya kondisi seperti sekarang yang sudah cukup terkendali.

"Rasanya kayak di awal pandemi, ketika cuma sedikit orang yang anggap serius Covid-19. Kita mudah lupa, dengan segala sesuatunya yang hampir dibuka semua," terangnya di lini masa, dikutip MNC Portal di Twitter, Sabtu (16/10/2021).

Pembukaan yang dimaksud Prof Beri, sapaannya, dikatakannya termasuk bandar udara hingga pariwisata. "Padahal, baru dua bulanan silam kita panik cari oksigen dan tempat tidur di rumah sakit. Ingat?" lanjutnya.

Di keterangan berikutnya, Prof Beri menegaskan bahwa dirinya bukan pihak yang tidak mendukung yang namanya pemulihan keadaan. Namun, ia menegaskan bahwa penting bagi pengambil keputusan untuk melakukan pembukaan dengan bertahap dan selalu waspada.

"Tentu saya amat mendukung pemulihan. Tapi, lakukanlah bertahap dan selalu waspada. Sebab, mobilitas orang-orang begitu memainkan peran penting dalam pandemi ini," tegasnya.

"Kalau sudah di luar kendali, ujung-ujungnya saling menyalahkan lagi. Lebih baik kita saling mengingatkan. Terima kasih," tambahnya menyudahi pernyataannya di lini masa tersebut yang kini sudah mulai banjir komentar netizen.

Sekadar informasi, sejumlah bioskop mulai beroperasi di beberapa wilayah termasuk Jakarta. Salah satunya, jaringan bioskop CGV yang baru dibuka di empat tempat yakni Grand Indonesia, AEON Mall Jakarta Garden City, Green Pramuka Mall, dan Tansmart Cempaka Putih.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pusat kebugaran atau fitness center juga sudah dibuka dengan kapasitas maksimal 25%. Hal ini menjadi keputusan setelah dilakukan evaluasi PPKM.

Terakhir, pemerintah membuka pintu masuk Bali untuk turis asing, tepatnya sejak 14 Oktober 2021. Namun, dipastikan bahwa pembukaan pintu masuk tersebut amatlah ketat dan sangat diupayakan minim risiko penularan dengan berbagai lapisan aturan protokol kesehatan ketat yang diberlakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini