Tak Selalu Buruk, Ini Berbagai Manfaat Minuman Beralkohol

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 17 Oktober 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 17 298 2487622 tak-selalu-buruk-ini-berbagai-manfaat-minuman-beralkohol-vPWzhh1B0B.jpg Alkohol (Foto: India chronicle)

DI tengah pandemi, kita berusaha mempertahankan gaya hidup sehat dan mengikuti diet sehat.

Sejatinya minum alkohol yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan organ yang serius dan menimbulkan risiko yang tidak dapat diubah untuk kesehatan Anda.

Namun, penggunaan alkohol yang pas mungkin tidak seburuk yang Anda pikirkan. Minum sesekali dalam jumlah kecil dan terbatas mungkin terbukti lebih efektif dan juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Meskipun Anda harus selalu berkonsultasi atau berbicara dengan dokter terkait apakah Anda dapat minum atau tidak, jika Anda adalah seseorang yang tidak memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, konsumsi alkohol mungkin datang dengan beberapa manfaat dan keuntungan.

Melansir Times of India, berikut beberapa manfaat alkohol untuk kesehatan.

 Wine

1. Baik untuk jantung

Tidak banyak yang akan percaya, tetapi konsumsi alkohol dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang parah dan kematian akibat penyakit jantung.

Sampai dan kecuali Anda minum dengan baik dalam batas wajar, Anda cenderung tidak mengalami serangan jantung dan stroke. Ini bisa jadi karena minum dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda. Sebaliknya, minum berlebihan bisa berakibat fatal.

2. Membantu menyeimbangkan kadar gula darah

Sementara minum yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan parah, segelas anggur atau wiski sebenarnya dapat membantu mengelola kadar gula darah Anda, mengurangi risiko diabetes.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minum alkohol dalam jumlah sedang dapat mencegah risiko diabetes tipe 2. Namun, penting untuk dicatat bahwa orang yang tidak minum sama sekali terlindungi dari semua penyakit parah.

 

3. Bermanfaat untuk otak

Satu atau dua gelas alkohol juga dapat bermanfaat bagi otak Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum akohol dalam takaran yang pas dapat membersihkan pikiran, meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak dan juga mencegah risiko penyakit Alzheimer.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus mulai minum bahkan jika Anda bukan peminum. Bukan peminum paling terlindungi dari penyakit apa pun.

4. Orang-orang anti-sosial juga dapat mengambil manfaat darinya

Minum bersama teman-teman Anda mungkin merupakan cara terbaik untuk bersosialisasi. Ini membantu Anda melonggarkan dan membuat Anda lebih ekspresif.

Mereka yang tidak terlalu ekstrovert dapat mengambil manfaat dari minum alkohol tersebut. Namun, jangan berlebihan karena bisa menjadi bumerang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini