Percepat Vaksinasi di Daerah, Menkes: Jangan Pilih-Pilih Jenis Vaksin Covid-19

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 17 481 2487702 percepat-vaksinasi-di-daerah-menkes-jangan-pilih-pilih-jenis-vaksin-covid-19-Pye8jlJepV.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

VAKSIN menjadi perlindungan tambahan yang penting untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Vaksin Covid-19 tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga berpotensi membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Herd immunity tersebut dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi mencapai di atas 80 persen. Untuk saat ini, cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Indonesia diketahui mencapai 50 persen.

Menkes Budi

Oleh karenanya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19. Dia juga meminta masyarakat tidak memilih-milih jenis vaksin Covid-19.

“Masyarakat diimbau untuk tidak pilih-pilih jenis vaksin Covid-19. Seluruh vaksin yang tersedia dipastikan aman dan efektif, serta memberikan manfaat yang sama untuk melawan virus penyebab Covid-19,” kata Menkes Budi, dikutip dari Instagram pribadinya, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga : Menkes Sentil Sumbar karena Cakupan Vaksinasi Covid-19 Rendah

Dia juga mengimbau agar vaksinasi di daerah-daerah dengan cakupan rendah dapat dipercepat. “Semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh kita,” tulisnya.

Pemerintah, kata dia, memastikan semua vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia efektif melawan berbagai varian virus Corona termasuk varian Delta.

“Masyarakat tidak perlu menunggu atau memilih-milih vaksin. Segera divaksinasi dengan stok yang tersedia di seluruh daerah Indonesia,” tulis Menkes Budi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini