Terbukti Aman, MSG dari Sari Tebu Bisa Jadi Bumbu Masak Andalan Ibu Milenial

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 298 2488293 terbukti-aman-msg-dari-sari-tebu-bisa-jadi-bumbu-masak-andalan-ibu-milenial-cyKQz2YjrG.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TAK banyak yang tahu darimana asalnya Monosodium Glutamat atau MSG dibuat. Sering disebut-sebut mengandung bahan hewani, nyatanya MSG terbuat dari sari tebu loh.

Anda perlu tahu bagaimana proses MSG dibuat dari mulai menanam tebunya hingga hasil akhir sebagai bumbu masak andalan para ibu di dapur.

Baca Juga: Yuk Ikuti Sehat ala Jepang, Ganti Garam dengan Umami

Ternyata bahan baku utama produksi MSG yaitu tetes tebu yang melalui proses fermentasi. Saat menanam tebunya juga memakai penyubur tanah yang disebut dengan pupuk Ajifol.

"Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap, sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari awal tanam hingga panen," kata Yudho Koesbandryo perwakilan Ajinomoto.

Bukan itu saja, pupuk penyubur fermenrasi tebu itu juga mengandung asam amino berkualitas tinggi di dalamnya. Jadi bisa meningkatkan daya tahan tanaman terhadap dari serangan penyakit juga ramah lingkungan.

Bukan hanya untuk penyubur tanaman tebu, para petani padi dan jagung pun memakai ini. Mereka menjaga kesuburan tanaman yang berada di daerah Jawa Timur, yaitu Mojokerto, Madiun dan Malang.

Untuk memudahkan para petani, pemberian pupuk saat ini menggunakan drone. Sehingga semua tanaman pun akan mendapatkan nutrisi dari pupuk yang baik," katanya.

Kemudian setelah dipanen, pengolahan MSG ini mengacu pada Eco Activity dan Bio Cycle, secara aman diolah menjadi bumbu masak. Sebelumnya juga telah ada izin edar dari BPOM yang menjamin keamanan pangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini