Cegah Diare dengan Cuci Tangan Pakai Sabun Yuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 481 2488038 cegah-diare-dengan-cuci-tangan-pakai-sabun-yuk-UjMEKY7oP5.jpg Cuci tangan (Foto: Integris health)

CUCI tangan pakai sabun sangat penting dilakukan saat ini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Sejatinya cuci tangan pakai sabun tak hanya dapat mencegah penularan Covid-19, namun cuci tangan pakai sabun (CTPS) juga jadi salah satu cara efektif mencegah penularan penyakit lainnya akibat virus atau bakteri.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Vensya Sitohang menjelaskan, kebiasaan cuci tangan pakai sabun harus dilakukan semua orang sebagai bentuk upaya pencegahan wabah di masa mendatang.

 cuci tangan

“Untuk menghentikan penularan Covid-19 dan mencegah wabah di masa depan, semua orang di manapun harus melakukan praktik CTPS,” kata Vensya belum lama ini.

Selain sebagai cara termudah pencegahan penularan Covid-19, cuci tangan pakai sabun juga mencegah penyakit-penyakit lainnya. Salah satunya, penyakit diare dan infeksi pernapasan (ISPA), dua penyakit penyebab utama kematian anak balita di Indonesia.

Perlu diketahui, ternyata mencuci tangan dengan sabun (CTPS) bisa menurunkan penyakit diare hingga 30 persen dan ISPA hingga 20 persen.

Perilaku cuci tangan pakai sabun harus dilakukan dengan benar, yakni dengan intensitas teratur, tekni mencuci tangan yang tepat, dan akses terhadap fasilitas CTPS.

Namun tak semua rumah di Indonesia memiliki fasilitas cuci tangan yang baik. Padahal, pada dasarnya punya akses terkait sanitasi dan kebersihan adalah hak asasi semua orang.

“Akses terhadap air sanitasi dan kebersihan adalah hak asasi manusia. Setiap orang harus memiliki akses air minum yang aman dan toilet bersih, serta fasilitas kebersihan yang aman,” tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini