Obat Covid-19 Bermunculan, Menkes: Kita Tawarkan Uji Klinis Tahap 3 di Indonesia

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 481 2488216 obat-covid-19-bermunculan-menkes-kita-tawarkan-uji-klinis-tahap-3-di-indonesia-Yv4frNbjwA.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Oddity central)

SAAT ini banyak perusahaan-perusahaan farmasi di berbagai negara membuat obat-obatan untuk mengobati Covid-19. Berbagai nama obat-obatan baru pun bermunculan. Salah satu yang ramai diperbincangkan adalah molnupiravir dari Merck.

Terkait dengan munculnya obat-obatan baru ini, pemerintah terus memonitor perkembangannya. Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers virtual, Senin (18/10/2021).

 obat

“Pemerintah sendiri memang sudah melakukan uji klinis untuk beberapa obat-obatan yang masuk kategori monoklonal antobodi seperti bamlanivimab dan etesevimab,” kata Menkes Budi seperti dikutip dari konferensi pers virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Menkes Budi mengatakan, saat ini pemerintah juga sedang menjajaki beberapa obat dan antivirus yang menjanjikan. Dia juga menjelaskan, pemerintah saat ini terus memantau perkembangan obat-obatan baru untuk Covid-19.

Bahkan, sambung dia, pemerintah juga tengah menawarkan agar obat-obatan baru Covid-19 tersebut dapat diuji klinis tahap tiga di Indonesia.

“Untuk obat-obatan yang memang menjanjikan, kita akan menawarkan agar uji klinis tahap tiga ini juga bisa dilakukan di Indonesia, sehingga kita bisa lebih cepat mengetahui kecocokan dari obat-obatan Covid-19 baru ini, agar bisa digunakan dengan rakyat kita,” ujarnya.

Menurut Menkes Budi, perpaduan antara obat-obatan dan vaksin Covid-19 diharapkan dapat mempercepat proses pandemi menuju endemik.

“Kalau kita sudah melengkapi vaksin dengan obat-obatan, diharapkan transisi pandemi ke endemi akan bisa lebih cepat kita lakukan,” kata dia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini