Cegah Peningkatan Covid-19 Akhir Tahun, CDC Rilis Panduan Kesehatan Terbaru

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 612 2488168 cegah-peningkatan-covid-19-akhir-tahun-cdc-rilis-panduan-kesehatan-terbaru-gfQ03cEiPy.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MENJELANG akhir tahun semua negara memang bersiap-siap menghadapi liburan panjang. Pasalnya, setiap liburan panjang ada potensi besar angka Covid-19 mengalami peningkatan tajam.

Bahkan di Indonesia sendiri diperkirakan gelombang ketiga bisa terjadi pada akhir tahun ini. Oleh karena itu diperlukan manajemen risiko yang tepat, agar angka penderita Covid-19 tetap berada seminimal mungkin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun merilis panduan kesehatan baru demi mencegah penyebaran Covid-19 pada musim liburan 2021, salah satunya mendorong orang-orang segera divaksinasi.

Sementara bagi mereka yang belum memenuhi syarat untuk vaksin seperti anak kecil misalnya, CDC menyarankan untuk mengurangi risiko paparan dengan memastikan orang-orang di sekitar mereka divaksinasi.

Covid

Saat ini, otoritas kesehatan di beberapa negara diharapkan bisa memberikan lampu hijau pada vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia 5 tahun. Tetapi vaksin untuk bayi dan anak-anak di bawah usia 5 tahun kemungkinan belum ada sampai awal tahun 2022. Selain vaksinasi, orang-orang juga perlu tetap memakai masker bahkan di dalam ruangan publik.

"Cara terbaik meminimalkan risiko Covid dan memastikan orang dapat berkumpul dengan aman yakni dengan divaksinasi atau mendapatkan booster jika Anda memenuhi syarat," kata CDC seperti dikutip Antara dari ABC News.

Bila Anda menghadiri pertemuan keluarga besar, CDC menyarankan tindakan pencegahan tambahan yakni menghindari berada di dalam ruangan yang ramai. Liburan menjadi salah satu penyumbang kasus Covid-19 dengan rawat inap dan kematian, salah satunya setelah musim liburan 2020.

Pejabat kesehatan kembali mengingatkan orang-orang meningkatkan kewaspadaan pada protokol kesehatan menjelang musim liburan agar kasus tidak melonjak lagi, meskipun mereka sudah divaksin.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini