Keindahan Batik, Jumputan, dan Tenun Lurik Menyatu dengan Magisnya Candi Prambanan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 194 2488754 keindahan-batik-jumputan-dan-tenun-lurik-menyatu-dengan-magisnya-candi-prambanan-ne3U7Jd6bc.jpg Pagelaran JF3 (Foto: ig/@jfff_info)

JAKARTA Fashion and Food Festival (JF3) menutup pagelarannya dengan mempersembahkan fashion show bertajuk 'Gantari'. Keindahan Candi Prambanan menjadi daya tarik tersendiri di 'closing show' tersebut.

Sebanyak 150 koleksi LAKON Indonesia dipresentasikan. Koleksi ready to wear men's and women's collection tersebut terdiri dari kain hasil karya pengrajin tradisional. Ada tiga material utama yang dipakai, batik, jumputan, dan tenun lurik.

JF3

"Gantari ini merupakan upaya melestarikan budaya sekaligus memperingati Hari Batik Nasional. LAKON Indonesia kali ini bekerja sama dengan JF3 dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Thresia Mareta, founder LAKON Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : 2 Tahun Mati Suri, JF3 2021 Bangkitkan Pelaku UMKM dari Tidur Panjang untuk Berkarya

Ia melanjutkan, Gantari dihadirkan sebagai bagian dari perjalanan untuk mendalami dan menyempurnakan cerita LAKON Indonesia, sebagai kelanjutan dari Pakaiankoe yang sebelumnya telah digelar 15 November 2020.

JF3

"Perjalanan ini merupakan cerita yang menggambarkan metamorfosa LAKON Indonesia dalam melakoni perannya dalam menggali budaya dan tradisi serta mempertahankan prinsip dasar yang telah diwariskan secara turun menurun," terang Thresia.

Bicara terkait koleksi sedikit, diterangkan Thresia, koleksi siap pakai yang dipamerkan di kawasan Candi Prambanan ini merupakan bahan serat natural yang sangat cocok dengan iklim tropis Indonesia. Soal siluet, kesan edgy, young, dan anggun nan elegan bisa dilihat di koleksi Gantari ini.

Dari beberapa koleksi yang tampil, warna-warna yang ditampilkan pun cenderung terang dan cukup berani. Selain itu, padu padan antar material tradisional menciptakan look yang kekinian tapi tetap indah dan sopan.

Secara garis besar, Gantari yang dipersembahkan LAKON Indonesia bukan hanya mempresentasikan pakaian atau kain tradisional, tetapi juga budaya dan tradisi yang memiliki nilai sangat tinggi dan mendalam. Itu kenapa Candi Prambanan juga dilibatkan dalam show kali ini.

JF3

"Kami juga menyelipkan harapan bahwa segala eksplorasi dan eksekusi ini dapat membawa karya Indonesia bisa lebih dihargai di dunia Internasional, sehingga dapat membuka peluang yang lebih besar untuk memajukan ekonomi masyarakat luas," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini