Sering Nyeri Dada Sebelah Kiri, Mungkin Ini Penyebabnya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 481 2488565 sering-nyeri-dada-sebelah-kiri-mungkin-ini-penyebabnya-2KiinPwAlG.jpg Nyeri dada sebelah kiri (Foto: Times of India)

RUPANYA penyebab nyeri dada sebelah kiri sangat beragam. Namun, banyak orang yang mengira bahwa mengalami nyeri di bagian kiri dada adalah serangan jantung atau terkait dengan itu.

Memang tidak ada salahnya, tetapi penyebab nyeri dada sebelah kiri bukan hanya serangan jantung saja. Ada beberapa hal lain yang memicu rasa nyeri di bagian jantung, dan itu perlu diwaspadai dan jangan disepelekan!

Lantas, apa saja sih penyebab nyeri dada sebelah kiri? Berikut informasi lengkapnya seperti dirangkum dari situs Healthline, Selasa (19/10/2021).

 nyeri dada

1. Angin duduk

Di urutan pertama adalah angina atau angin duduk. Ini merupakan suatu kondisi yang bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Angina sendiri adalah gejala dari masalah jantung seperti penyakit jantung koroner. Rasa nyeri tersebut biasanya timbul karena otot jantung Anda tidak mendapatkan cukup oksigen dari darah. Tak hanya nyeri dada, angina juga menyebabkan ketidaknyamanan di lengan, bahu, leher, punggung, atau rahang.

2. Serangan jantung

Penyebab nyeri dada sebelah kiri di urutan berikutnya adalah serangan jantung. Kondisi ini terjadi ketika otot jantung rusak karena tidak mendapatkan darah kaya oksigen yang cukup. Beberapa serangan jantung ini dimulai dengan nyeri dada ringan hingga memburuk perlahan-lahan. Orang yang mengalami serangan jantung juga merasakan nyeri hebat di sisi kiri atau tengah dada Anda.

Gejala serangan jantung lainnya yang perlu Anda waspadai yakni rasa sakit di lengan kanan, leher, rahang, punggung, perut, sesak napas, keringat dingin, hingga pusing. Jika mengalami gejala-gejala tersebut segeralah mencari pertolongan.

3. Serangan panik

Panic attack atau serangan panik bisa datang tiba-tiba dan cenderung memuncak dalam 10 menit. Kondisi serangan panik ini terjadi saat Anda merasakan ketakutan yang intens atau kecemasan.

Jika Anda mengalami serangan panik, tubuh dapat meresponnya dengan mensimulasikan serangan jantung. Selain nyeri dada, beberapa gejala serangan panik lainnya yakni sesak napas, detak jantung cepat, pusing, berkeringat, mual, dan banyak lagi.

4. Gerd

Seperti kita tahu, GERD atau penyakit refluks gastroesofagus merupakan penyakit pencernaan yang dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Gejala utama GERD adalah sering mulas. Selain itu, GERD juga dapat menyebabkan nyeri dada, batuk, mengi, dan kesulitan menelan.

5. Masalah paru-paru

Terakhir adalah masalah paru-paru yang bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Rasa sakit yang tiba-tiba dan tajam di kedua sisi dada Anda bisa jadi akibat paru-paru yang kolaps atau pneumotoraks.

Hal ini dapat disebabkan oleh penyakit atau dari trauma pada dada. Selain itu, pneumonia atau radang paru-paru, hingga kanker paru juga bisa memberikan efek serupa pada tubuh, dengan gejala yang berbeda-beda.

Bila Anda kerap mengalami nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan dan berobat ke dokter. Sebab, jika tidak ditangani kemungkinan bisa berakibat fatal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini