Bank Sampah Bisa Jadi Solusi Ubah Perilaku Masyarakat

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 612 2488803 bank-sampah-bisa-jadi-solusi-ubah-perilaku-masyarakat-Gr0rAXOmRS.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KEBERADAAN bank sampah bukan hanya untuk mengumpulkan sampah yang bisa didaur ulang. Namun di bank sampah masyarakat bisa mengenal cara untuk memilah sampah.

Ya, bank sampah punya peran untuk menjaga lingkungan.  Salah satunya Bank Sampah Induk Bersinar yang menjadi proyek percontohan standarisasi pengelolan sampah yang tepat.

Bank sampah ini berada Jalan Terusan Bojongsoang, Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memantau kegiatan bank sampah ini

 Bank sampah

Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, setelah melihat secara langsung, bank sampah di Bandung itu punya sederet fasilitas yang mampu mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat. Di samping itu, bank sampah juga sebagai tempat edukasi memilah sampah kepada masyarakat.

“Bank sampah jadi tempat mengedukasi masyarakat terhadap pemilahan sampah, sekaligus memberikan pelajaran sirkular ekonomi," ujar Rosa lewat keterangan tertulis.

Dijelaskan lebih lanjut, bank sampah juga menjadi tempat penyediaan bahan baku untuk industri daur ulang, khususnya plastik dan kertas. Terutama smpah plastik PET dalam jumlah besar.

Dalam catatan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), setiap tahunnya permintaan PET meningkat rata-rata 7 persen. Jika dikelola dengan baik, maka sampah plastik tersebut bisa menghasilkan uang.

Ronald Atmadja, Sustainability Director Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale) setuju jika bank sampah jadi tempat edukasi terkait pengelolaan sampah kepada masyarakat. Jika sampah plastik dikelola dengan baik, maka bisa menghasilkan uang sekaligus menjaga lingkungan.

“Kami mengamati manfaat yang luar biasa dari keberadaan bank sampah. Kami harapkan bantuan ini dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk memilah sampah,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini