Ilmuwan Meneliti Ada Orang-Orang Kebal Covid-19

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 481 2489186 ilmuwan-meneliti-ada-orang-orang-kebal-covid-19-3whLMKU18J.jpg Pandemi Covid-19 (Foto:Le Devoir)

RUPANYA beberapa ilmuwan melakukan penelitian akan kemungkinan orang-orang yang kebal terhadap virus corona alias Covid-19.

Pakar Imunologi dari Academy of Athens, Evangelos Andreakos menjelaskan, dua manusia 99,9% identik secara genetik, hanya dibedakan 0,1% informasi genetik. Inilah yang membuatnya unik dan berbeda.

Perbedaan ini bisa dari cara pandang bahkan kemampuan menghadapi sebuah penyakit.

 pandemi Covid-19

Dilansir dari Science Alert, Andreakos mengatakan, pandemi menunjukkan mendemonstrasikan variabilitas klinis yang luar biasa antara individu dalam menghadapi infeksi. Ada individu yang kuat menghadapi Covid-19 hingga tak merasakan gejala apapun. Namun ada juga individu yang terkena Covid-19 hingga hampir mati.

Memang saat ini pemahaman tentang genetis dan imunologis manusia yang menghasilkan resistensi bawaan terhadap virus corona masih sedikit.

“Saat ini kita memang tak banyak informasi tentang resistensi bawaan. Namun bukan berarti itu tidak ada. Para peneliti menemukan, dari satu rumah yang terinfeksi, kadang ada satu orang yang terhindar dari infeksi Covid-19,” ujar Andreakos.

Namun ada juga laporan yang menyebutkan tentang orang yang tak terkena Covid-19 meskipun berada di wilayah dengan tingkat infeksinya sangat tinggi. Oleh karena itu dilakukan penelitian soal resistensi bawaan ini.

Penelitian lain juga pernah mengamati kemungkinan orang-orang dengan kekebalan yang kuat yang dapat menghindari infeksi Covid-19. 

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini