Kasus Covid-19 Turun Signifikan, Dokter Tirta: Dilarang Jumawa!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 481 2489198 kasus-covid-19-turun-signifikan-dokter-tirta-dilarang-jumawa-4i8rz4mdXO.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Chilliwack progress)

KASUS Covid-19 yang semakin menurun di Tanah Air membuat berpotensi membuat masyarakat menjadi abai dan lalai untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Padahal pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan masih bisa menular.

Dokter sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Tirta Mandira Hudhi, mengimbau masyarakat untuk tidak meremehkan apalagi merasa jumawa sekalipun kasus Covid-19 di Tanah Air sudah menunjukkan penurunan yang signifikan.

 dokter tirta

"Sekarang kita menang, tapi jangan jumawa juga. Karena sekarang kita menang berkat varian Delta Plus juga," kata dr. Tirta dalam Podcast di channel YouTube Deddy Corbuzier, Rabu (20/10/2021).

Lebih lanjut, dr. Tirta menjelaskan alasan mengapa varian Delta Plus bisa menjadi salah satu kesuksesan Indonesia dalam menurunkan angka kasus Covid-19 di Tanah Air. Salah satunya karena karakter varian Delta Plus yang lebih kuat ketimbang varian lainnya.

"Delta Plus tersebut membuat antibodi manusia menjadi lebih diatas rata-rata, ditambah lagi dengan vaksinasi. Memang nanti vaksin bisa saja menjadi tidak mempan akibat varian baru. Tapi perlu diingat varian baru tersebut adanya di luar Indonesia semua," lanjutnya.

Lebih lanjut, jika varian yang baru tersebut sampai ke Indonesia, maka berpotensi menimbulkan bahaya. Oleh sebab itu, tugas masyarakat adalah mencegah mutasi yang terdeteksi di luar negeri itu masuk ke Indonesia. Caranya dengan tidak mengimport varian barunya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini