4 Cara Usir Ketombe Membandel di Kulit Kepala, Ampuh!

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 611 2488910 4-cara-usir-ketombe-membandel-di-kulit-kepala-ampuh-7Ig5p5KuvM.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MEMILIKI kulit kepala yang sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda. Namun bagaimana jika ketombe datang?

Ketombe bisa membuat rambut menjadi berminyak, hingga kerusakan lainnya. Anda bisa mencegah datangnya ketombe dengan cara merawat, seperti dikutip dari laman Times of India.

Rajin Keramas

Keramas

Rajin mencuci rambut atau keramas secara teratur, dapat membantu merawat kulit kepala dan rambut Anda agar lebih sehat.

Selain itu, hal ini akan membantu menghindari folikel rambut tersumbat yang menyebabkan ketombe. Idealnya, mencuci rambut dua sampai tiga kali seminggu, dengan sampo pembersih yang baik, dan pijat kulit kepala.

Shampo Anti Ketombe

Carilah produk perawatan rambut yang mengandung zinc pyrithione, atau dikenal sebagai bahan penangkal ketombe. Hal ini membantu mencegah ketombe, dan menjauhkan serpihannya.

Saat keramas, pastikan Anda membersihkan kulit kepala dengan benar, karena produk apa pun yang menumpuk hanya akan menyebabkan kotoran, bahkan rambut jadi tidak bersih.

Baca Juga : Beautypedia, Ini 5 Penyebab Utama Munculnya Ketombe di Kepala

Eksfoliasi Kulit Kepala

Meski terdengar asing karena biasanya eksfolasi dilakukan untuk wajah saja, namun juga sangat efektif untuk mengatasi kulit berketombe. Anda bisa menggunakan eksfoliator rambut dan bahkan menggunakan sikat dengan bulu yang lebat.

Caranya, oleskan sikat pada kulit kepala untuk menghilangkan serpihannya. Jika Anda memiliki kulit kepala yang sensitif, dapat menggunakan masker rambut yang akan membantu menghilangkan minyak berlebih.

Rajin Menyisir

Sering menyisir rambut akan membantu mengelupas kulit kepala, sekaligus melepaskan lebih banyak minyak yang menempel.

Anda bisa menggunakan sisir yang terbuat dari plastik, atau bulu-bulu hewan. Hal ini akan membuat perlahan ketombe yang menempel di kulit kepala.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini