5 Tips Ampuh Menghentikan Cegukan, Dicoba Yuk!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 612 2489131 5-tips-ampuh-menghentikan-cegukan-dicoba-yuk-xnvhjl9rRM.jpg Cegukan (Foto: Shutterstock)

DALAM hidup, Anda pasti pernah mengalami cegukan. Entah saat sedang makan, minum, atau tiba-tiba saja cegukan itu muncul tanpa sebab.

Memang cegukan bisa hilang sendiri tanpa minum obat, tentu tak nyaman rasanya mengalami cegukan. Lantas, bagaimana cara menghentikan cegukan? Berikut 5 tips mengentikan cegukan yang ampuh, dikutip dari Reader’s Digest.

 minum

1. Minum air

Cara menghentikan cegukan yang pertama adalah dengan meminum air. Meminum air sekitar 9 atau 10 teguk dengan cepat berturut-turut dapat membantu Anda dalam menghentikan cegukan. Hal ini dikarenakan saat Anda meneguk minuman, kontraksi berirama pada kerongkongan akan mengalihkan kejang pada diafragma.

2. Tutup mulutmu

Cara menghentikan cegukan selanjutnya adalah dengan menutup mulut. Cobalah menangkupkan tangan Anda di atas hidung dan mulut, namun Anda harus terus bernapas dengan normal. Dosis ekstra karbon dioksida akan membantu Anda menyingkirkan cegukan.

3. Tekan telapak tangan

Cobalah tekan telapak tangan Anda dengan ibu jari tangan Anda yang lain. Tekanan yang semakin keras akan semakin baik untuk menghentikan cegukan.

Selain itu, Anda juga dapat menekan bola ibu jari kiri dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan. Cara ini bisa menghentikan cegukan Anda karena tekanan tersebut dapat memengaruhi sistem saraf Anda.

4. Pijat leher Anda

Jika cara menghentikan cegukan dengan menekan tangan tidak berhasil, coba pijat atau gosok arteri karotis di sisi kanan dan kiri leher Anda. Pijatlah secara lembut dan jangan berlebihan. Cukup letakkan kedua tangan pada karotis lalu putar kepala berlawanan arah jarum jam. Lakukan pijatan ini selama 5 hingga 10 detik hingga cegukan berkurang.

5. Tahan nafasmu

Cara mengehentikan cegukan yang satu ini sangat mudah. Anda hanya perlu menahan nafas sekitar 10-20 detik. Lalu menelan saat dirasa cegukan akan muncul kembali. Setelah itu, ulangi hal ini sebanyak 2-3 kali atau sampai cegukan mulai berkurang. Penumpukan karbon dioksida di paru-paru Anda akan membuat diafragma Anda menjadi rileks.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini