Ini Dia Buah Anggur Termahal di Dunia, Harga Seikatnya Capai Rp170 Juta!

Calista Angelina, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 298 2489801 ini-dia-buah-anggur-termahal-di-dunia-harga-seikatnya-capai-rp170-juta-vK4QcnCEHh.jpg Buah Anggur Termahal di Dunia (Foto:

BUAH anggur dikenal sebagai buah yang mewah, mahal dan berkelas. Ya!  Ruby Roman tercatat sebagai anggur termahal di dunia. Penasaran? Simak lengkapnya!

Jadi anggur jenis Ruby Roman ini ditanam di Jepang. Perbedaan signifikan terlihat dari ukurannya yang hampir empat kali lebih besar dari anggur lainnya. Bukan hanya ukurannya saja yang besar tetapi harganya juga sangat tinggi. Netizen pun dikejutkan dengan harga seikat Ruby Roman dapat dijual hingga USD450 USD atau sekira Rp 5 juta.

Anggur Ruby Roman

Dilansir dari Business Insider, warna buah pun berpengaruh terhadap harga jualnya. Jika warna anggur tergolong bagus dan indah, maka satu ikat dapat dibanderol berkisar USD90 hingga USD450 atau Rp 1,2 juta - Rp 5 juta.

Selain itu, Kazuyoshi Sakurai, selaku inspektur anggur Ruby Roman di Japan Agricultural Cooperatives, mengungkapkan bahwa mereka menggunakan kriteria yang sangat spesifik dan quality check yang ketat untuk meneliti setiap anggur yang tumbuh di kota Kahoku.

Baca Juga : Mengenal Gangina, Teknik Simpan Anggur Supaya Segar Lebih dari 6 Bulan

Musim panen dimulai pada bulan Juli, tepat untuk salah satu dari dua hari raya pemberian hadiah utama di Jepang, Ochugen. Anggur hanya ditanam di Prefektur Ishikawa, dan dibudidayakan di rumah kaca. Mengapa harganya mahal?

Anggur Termahal di Dunia

Karena anggur Ruby Roman itu dipantau sedemikian rupa selama proses penanaman. Dirawat dan dijaga bagaikan berlian yang berharga. Dalam menghasilkan buah anggur dengan ukuran yang tepat, mereka juga menggunakan alat pengencer anggur khusus dan gunting sederhana.

Setiap anggur di rumah kaca diperlakukan secara spesial dan teliti, anggur membutuhkan cahaya yang cukup oleh karena itu biasanya mereka membuka jendela dan langit-langit rumah kaca agar tetap sejuk dan menjaga ventilasi tetap baik. Itulah sebabnya pasokan selalu terbatas.

Pada tahun 2020, hanya ada 25.000 ikat anggur Ruby Roman yang layak dijual. Jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari produksi anggur tahunan Jepang, sekitar 163.000 ton.

Upaya untuk mengembangkan jenis anggur merah baru yang besar telah dibahas sejak 1995 oleh para petani anggur lokal dan Pusat Penelitian Pertanian Ishikawa. Lalu akhirnya anggur merah dan besar yakni Ruby Roman pertama kali dijual pada tahun 2008.

“Yang pertama adalah warna Ruby Roman. Yang kedua adalah ukuran biji-bijian. Setiap buah anggur minimal harus 20 gram dan kami pastikan ukurannya minimal 30 milimeter. Kadar gula tiap anggur juga diukur. Idealnya harus diatas 18 persen,” ujarnya.

Anggur Termahal di Dunia

Menurut para ahli anggur, buah anggur dibagi menjadi tiga kategori, yaitu anggur unggul, anggur unggul khusus, dan anggur premium. Umumnya, hanya satu atau dua seikat yang memenuhi syarat sebagai premium. Anggur yang tidak memenuhi kualitas tinggi pun tetap memiliki rasa manis yang unik.

Petani biasanya menjual satu ikat anggur kategori premium seharga lebih dari $1.000 atau Rp 14 juta. Seikat anggur Ruby Roman sempat terjual seharga USD12.000 atau Rp 170juta dilelang pada tahun 2020.

Harga anggur yang begitu fantastis ini membuat banyak orang geleng kepala sekaligus memicu rasa penasaran. Seperti apa ya rasa anggur seharga 170 juta rupiah….

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini