Kenali Kelompok Orang yang Mudah Alami Long Covid

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 612 2489628 kenali-kelompok-orang-yang-mudah-alami-long-covid-uhxh9vFV2l.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PARA penderita Covid-19 bisa jadi mengalami gejala lanjutan setelah sembuh dari Covid-19. Gejala ini biasa disebut dengan Long Covid, dan biasa terjadi pada orang yang sdah sembuh total dari Covid-19.

Pada beberapa orang, Long Covid yang terjadi bisa lebih dari satu gejala. Salah satunya adalah anosmia hingga kesulitan untuk bernapas, yang menyerang berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan mengatakan ada beberapa faktor risiko untuk seseorang yang terkonfirmasi Covid-19 dan dirawat. Faktor risiko pertama adalah ketika seseorang memiliki komorbid (riwayat penyakit penyerta).

Terlebih jika komorbidnya lebih dari satu. Selain itu adalah faktor usia, apalagi bagi mereka yang usianya di atas 50 tahun, maka kecenderungan mengalami Long Covid akan semakin tinggi.

"Faktor lainnya adalah pada saat sakit, keluhannya berat dan lebih dari lima. Kalau keluhannya sampai lima bahkan lebih, maka ada kemungkinan setelah Covid-19 dinyatakan sembuh juga masih mengalami Long Covid," kata dr. Erlina, dalam Podcast di channel YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (21/10/2021).

"Orang yang menderita Long Covid ini bisa sembuh. Tapi durasi Long Covid ini berbeda-beda untuk setiap orang," kata dia.

Para penyintas Covid-19 diimbau untuk selalu waspada terhadap gejala Long Covid yang mengintai. Sebab Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyebut bahwa sebanyak 35 persen penyintas Covid-19 mengalami Long Covid.

Sebagaimana diketahui, Long Covid adalah masalah kesehatan yang timbul pasca-seseorang dinyatakan sembuh dari Covid-19. "Jadi 35 persen dari penyintas Covid-19 mengalami berbagai masalah. Tidak hanya satu, tapi bisa dua, tiga, sampai banyak masalah," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini