Kurang Percaya Diri karena Kurus, Begini Cara Menambah Berat Badan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 612 2489667 kurang-percaya-diri-karena-kurus-begini-cara-menambah-berat-badan-D55Dz4ngNL.jpg Makan (Foto: Pinterest)

SEBAGIAN orang mungkin berupaya keras untuk meningkatkan berat badan. Sebab kekurangan berat badan bisa menjadi masalah jika disebabkan oleh nutrisi yang buruk.

Bahkan tak jarang orang yang terlalu kurus menjadi kurang percaya diri. Namun jangan khawatir, dilansir dari Mayo Clinic, berikut cara meningkatkan berat badan.

 makan

1. Makan lebih sering

Ketika kekurangan berat badan, seseorang mungkin merasa kenyang lebih cepat. Makanlah lima sampai enam piring makanan kecil pada siang hari daripada mengonsumsi dua atau tiga kali makan besar.

2. Pilih makanan yang kaya nutrisi sebagai menu diet sehat secara keseluruhan

Pilihlah roti gandum, pasta, dan sereal maupun buah-buahan serta sayur-sayuran, produk susu. sumber protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Cobalah mengonsumsi smoothie dan shake

Jangan pernah memasukan soda, kopi dan minuman lain dengan sedikit kalori dan nilai gizi. Sebagai gantinya, minumlah smoothies atau shake sehat yang terbuat dari susu dan buah segar atau beku, dan taburkan beberapa biji rami.

4. Perhatikan asupan minuman

Beberapa orang menemukan bahwa mengonsumsi cairan sebelum makan bisa menumpulkan nafsu makan. Dalam hal ini, mungkin lebih baik untuk mengonsumsi minuman berkalori tinggi bersama dengan makanan atau camilan.

5. Hitung setiap gigitan 

Camilan kacang, selai kacang, keju, buah-buahan kering, dan alpukat bisa menjadi pilihan camilan yang baik. Nikmati camilan sebelum tidur, seperti sandwich selai kacang dan jeli.

6. Tambahkan toping makanan ekstra

Seseorang bisa menambahkan toping makanan ekstra ke hidangan untuk menambah lebih banyak kalori. Keju dalam casserole dan telur orak-arik, serta susu bebas lemak bisa menjadi pilihan yang tepat.

7. Cheating day

Anda memang harus berhati-hati dengan kelebihan gula dan lemak. Namun, sepotong pai dengan es krim tidak masalah jika dikonsumsi sesekali. Perlu diingat kebanyakan camilan harus sehat dan memberikan nutrisi selain kalori. Muffin, yogurt, dan batangan granola adalah pilihan yang baik.

8. Berolahraga

Olahraga, terutama latihan kekuatan, dapat membantu menambah berat badan dengan membangun otot-otot. Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan seseorang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini