Mau Bebas Nyeri Sendi setelah Bangun Tidur? Coba Lakukan Peregangan Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 612 2489705 mau-bebas-nyeri-sendi-setelah-bangun-tidur-coba-lakukan-peregangan-ini-C3nEYcoOSe.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK bisa dipungkiri, ketika usia Anda semakin bertambah maka kemampuan kognitif seseorang akan mengalami penurunan. Salah satunya adalah kemampuan sendi-sendi kita, sehingga kadang seseorang mengalami nyeri sendi ketika bangun pagi.

Nah, bagi Anda yang kerap mengalami nyeri sendi ketika bangun pagi, coba deh lakukan peregangan saat bangun. Peregangan bisa membantu saat Anda bangun tidur di pagi hari dengan kondisi lutut atau persendian yang terasa kaku.

"Lutut biasanya lebih kaku daripada persendian lain ketika bangun karena kita tidur dalam posisi tetap (tanpa menekuk atau meluruskan secara aktif)," kata terapis fisik di New York, Sam Becourtney, DPT, CSCS seperti dikutip Antara dari Livestrong.

Menurut dia, melakukan peregangan lutut di pagi hari dapat membantu melumasi sendi Anda yang berderit. Peregangan pagi untuk sementara bisa meningkatkan jangkauan gerak dan fleksibilitas otot-otot Anda yang menempel pada sendi lutut.

Sendi

Salah satu gerakan yang disarankan yakni hamstring dengan durasi 30 detik. Mulailah berbaring terlentang, lalu luruskan kaki kanan dan pegang kaki kiri dengan kedua tangan di belakang paha. Tekuk lutut hingga 90 derajat sambil posisi tangan memegang belakang paha.

Secara dinamis luruskan kaki kiri Anda ke atas ke arah langit-langit (yaitu luruskan kaki sebaik mungkin) dan tahan selama 5 detik. Setelahnya, turunkan kembali ke posisi awal dan ulangi 3- 5 kali lalu ganti kaki.

Peregangan lainnya yang bisa Anda coba yakni dengan membaringkan tubuh secara terungkap dengan kedua kaki lurus. Tekuk lutut kanan Anda sampai Anda dapat meraih kaki atau pergelangan kaki kanan dengan tangan kanan Anda dan tarik perlahan ke arah bokong untuk merasakan peregangan di bagian depan paha.

Tahan peregangan selama 5-10 detik, lalu ulangi 3-5 kali sebelum berganti kaki.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini