Pakar Kesehatan Ungkap Bahaya Terlalu Banyak Main Gadget Selama Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 481 2489982 pakar-kesehatan-ungkap-bahaya-terlalu-banyak-main-gadget-selama-pandemi-pubsktOsWd.jpg Main gadget (Foto: Motion array)

GADGET atau gawai menjadi salah satu benda yang paling penting selama masa pandemi Covid-19. Gadget digunakan untuk bekerja di rumah (WFH) sekaligus sebagai sarana memperoleh hiburan selama masa pandemi Covid-19.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat, namun bermain gadget dalam jangka waktu yang lama juga memiliki dampak buruk. Oleh sebab itu membatasi penggunaan gadget bisa menjadi cara terbaik untuk mengurangi dampak negatif tersebut.

 terlalu banyak main gadget

Melalui akun Instagram @dr.fajriaddai, Jumat (22/10/2021), Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i membagikan dampak terlalu banyak bermain gadget bagi kesehatan.

1. Bisa terjadi gangguan pada sistem penglihatan seperti mata nyeri, berkunang-kunang, cepat lelah, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala.

2. Bisa mengganggu tidur. Apalagi ketika main gadget sebelum tidur, sebab ada blue light. Sinar biru tersebut mengganggu, yang akan memengaruhi waktu istirahat.

3. Menimbulkan obesitas atau kegemukan karena kurang gerak. Sebab saat bermain gadget seseorang tidak bergerak.

4. Pada anak dapat menyebabkan gangguan perkembangan terutama gangguan komunikasi. Sehingga masalah ini harus betul-betul diperhatikan.

Lebih lanjut, jika banyak waktu yang dipergunakan untuk bermain gadget, tentunya akan mengganggu kualitas hidup manusia khususnya dalam pekerjaan atau akademik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini