Cek Fakta, Hirup Cuka Bisa Obati Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 481 2490011 cek-fakta-hirup-cuka-bisa-obati-covid-19-Ob57uoEuuN.jpg Cuka (Foto: The maids)

RUPANYA kabar mengenai pengobatan Covid-19 selalu mencuri perhatian. Ini berkaitan dengan upaya yang bisa dilakukan masyarakat setidaknya agar menyelamatkan diri dari kondisi perburukan akibat infeksi tersebut.

Karena banyak diminati, akhirnya banyak informasi yang sesat dan malah merugikan. Hal ini yang semestinya diwaspadai masyarakat, termasuk soal menghirup cuka yang katanya bisa mengobati Covid-19.

 terinfeksi Covid-19

Informasi tersebut beredar luas di Facebook. Pesannya mengajak masyarakat untuk percaya bahwa cuka adalah obat Covid-19 dan dengan menghirupnya saja virus corona bisa mati.

Namun, ditegaskan di laman Kominfo bahwa kabar tersebut menyesatkan alias hoaks. Klarifikasi terkait isu tersebut dilontarkan dr Anuradha P. Radhakrishnan, seorang dokter penyakit menular di Rumah Sakit Selayang Malaysia.

"Klaim bahwa cuka dapat digunakan untuk pengobatan atau pencegahan Covid-19 adalah tidak berdasar," tegasnya dikutip Kominfo dari AFP, Jumat (22/10/2021).

Pernyataan ahli lain yang membantah cuka bisa mengobati Covid-19 juga disampaikan Dokter Spesialis Pengobatan Pernapasan di Rumah Sakit Pantai Kuala Lumpur, dr Helmy Haja Mydin.

"Menghirup cuka melalui mulut dan hidung justru dapat berpotensi berbahaya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dikarenakan cuka mengandung asam asetat yang jika terhirup dapat merusak saluran udara, rongga mulut, kerongkongan, dan bahkan mata," tegas dr Helmy.

So, bagaimana isi pesan hoaks yang menyesatkan itu?

Assalamualaikum keluargaku dan saudara seimanku yang dikasihi karena Allah. Jika disahkan terkena Covid-19, sila buat macam video di atas guna cuka makan letak pada tangan dan hirup melalui hidung dan mulut sampai terbatuk. Ia akan hilang dan deria bau dan rasa akan kembali semula. Insyaallah. Semoga kita terhindar dari wabah ini. Aamiin. Sekadar perkongsian dari group personal usrah pika, semoga bermanfaat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini