Kasus Covid-19, Indonesia Harus Punya Rencana Pasca-Pandemi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 612 2489862 kasus-covid-19-indonesia-harus-punya-rencana-pasca-pandemi-hgoWfVvUzZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PANDEMI Covid-19 harus dipandang sebagai persoalan kemanusiaan yang berdampak kepada semua. Termasuk kalangan muda yang bisa menjadi contoh tentang kepedulian.

Ketua Institut Harkat Negeri Sudirman Said menilai, kalangan muda saat ini sebenarnya memiliki kepedulian tinggi dalam membantu mengatasi pandemi. Kalangan muda dari berbagai komunitas masing-masing sudah mengambil inisiatif sesuai dengan minat dan kecenderungannya.

"Yang diperlukan hari ini dan ke depan mungkin lebih banyak sinergi dan kolaborasi. Sehingga terjadi saling belajar, saling menopang dalam bekerja sama mengatasi akibat wabah Covid-19," ujar Sudirman lewat keterangannya.

 Covid

Bahkan jika Covid-19 telah berakhir, bangsa Indonesia akan bergantung pada peran pemuda Indonesia. Hal ini juga dinilai relevan untuk mempersatukan anak bangsa menghadapi tantangan bangsa kekinian.

Diharapkan Sudirman pula, kalangan muda bersatu melampaui sekat-sekat sosial untuk bersama mengatasi pandemi Covid-19.

"Ini sesuatu yang harus dibangkitkan dan dipersatukan bagaimana mengajak kaum muda yang kebanyakan memiliki latar belakang pendidikan dan intelektual lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Dapatkah tantangan pandemi covid-19 ini menjadi pemicu persatuan, membuat anak-anak muda bahu-membahu," imbuhnya.

Bahkam menyambut Peringatan Sumpah Pemuda, Sudirman juga mengajak anak muda untuk menggali pikiran kreatif serta aspirasi untuk kemajuan bangsa lewat esai bertajuk "Indonesia Pasca Covid-19 di Mata Anak Muda".

"Tulisan-tulisan yang masuk diharapkan dapat menjadi trigger untuk mengembangkan berbagai terobosan pemikiran ke depan. Diharapkan dapat diikuti oleh anak-anak muda yang semakin terbiasa menuliskan gagasannya," ucap Sudirman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini