Ginjal Babi Cocok untuk Ditransplantasikan ke Manusia, Ini Alasannya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 612 2490040 ginjal-babi-cocok-untuk-ditransplantasikan-ke-manusia-ini-alasannya-7ngGbKPFKu.jpg Babi (Foto: Daily mail)

RUPANYA sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat sukses melaksanakan transplantasi ginjal babi ke manusia. Mereka sukses mentransplantasikan ginjal babi yang dimodifikasi secara genetik ke tubuh manusia.

Dilansir dari Live Science, proses transplantasi ginjal babi ke manusia menunjukkan hasil di mana ginjal babi lebih cocok untuk ditransplantasikan ke manusia, ketimbang transplantasi organ kera dan monyet ke tubuh manusia.

 transplantasi

Melalui beberapa rekayasa genetika, para ilmuwan bisa mempermudah transplantasi ginjal babi ke manusia.

Nah, percobaan transplantasi ginjal babi ke manusia ini dilaksanakan tim bedah di NYU Langone Health. Transplantasi ini dipimpin oleh Dr. Robert Montgomery. Mereka melakukan pencangkokan sementara selama 54 jam, guna mengamati organ dan mengambil sampel jaringan.

"Hasilnya ini tidak menghasilkan penolakan seketika seperti yang kita khawatirkan," kata Dr. Robert Montgomery.

Transplantasi ginjal ini dilakukan terhadap pasien yang mengalami kondisi otak mati dan telah mendaftar sebagai donor organ.

Namun Pakar Bedah Transplantasi Organ dari John Hopkins Medical School, Dr. Dorry Segev mengatakan, menurutnya butuh pengamatan lebih lanjut tentang umur organ tersebut.

"Ya kita perlu mengetahui lebih lanjut soal umur dari organ tersebut. Jadi memang harus ada penelitian lanjutan," katanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini