Vaksinasi Covid-19 Capai 1 Milar Orang, India Rayakan dengan Buat Lagu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 612 2490062 vaksinasi-covid-19-capai-1-milar-orang-india-rayakan-dengan-buat-lagu-74gstFm9k5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERBAGAI negara memang tengah berlomba menyuntikkan vaksin pada penduduknya. Hal ini dilakukan guna mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity di sebuah daerah.

Sayangnya, tidak semua negara bisa memberikan vaksin secara masif untuk penduduknya. Pasalnya, jumlah vaksin sangat terbatas sementara permintaan vaksin sangat banyak.

Salah satu yang berhasil memberikan 1 miliar dosis vaksin Covid-19 kepada para warganya adalah India. Keberhasilan tersebut membuat negara yang dijuluki Anak Benua itu memecahkan rekor vaksinasi terbanyak di negara Asia Selatan.

Sebagaimana diketahui India sempat porak poranda akibat serangan varian delta yang memicu ledakan kasus Covid-19 yang menghancurkan negara itu pada awal 2021. Sekira 75 persen dari total populasi orang dewasa yang memenuhi syarat di India telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. Sementara sekitar 30 persen masyrakat lainnya telah divaksinasi secara lengkap.

Merangkum dari NPR, India berpenduduk hampir 1,4 miliar orang ini menjadi negara kedua yang mampu melebihi 1miliar dosis Covid-19 kumulatif setelah China. Negeri Tirai Bambu tersebut menyebut bahwa mereka telah mencapai 1 miliar dosis vaksin Covid-19 pada Juni 2021.

Kasus virus corona telah menurun tajam di India sejak varian Delta menghancurkan negara itu di awal 2021. Varian delta yang sangat menular, pertama kali terdeteksi di negara itu setahun yang lalu dan menginfeksi ratusan ribu orang setiap hari.

Varian Delta juga sempat membuat rumah sakit kewalahan dan menyebabkan penumpukan di tempat kremasi. Sejak itu para pejabat telah mendukung kampanye vaksinasi dalam beberapa bulan terakhir. Namun, masih ada kesenjangan yang mengkhawatirkan antara masyarakat yang telah menerima satu dosis vaksin dan mereka yang diimunisasi lengkap. Sebab mendapatkan suntikan dosis kedua adalah prioritas penting.

"Kami ingin melihat jumlah ini naik. Cakupan lengkap sangat penting," kata kepala gugus tugas Covid-19, V K Paul.

India sebelumnya ingin memvaksinasi semua orang dewasa yang memenuhi syarat pada akhir 2021, karena para ahli mengatakan langkah vaksinasi saat ini perlu ditingkatkan.

Menteri kesehatan India pun akan meluncurkan lagu dan film untuk memperingati pencapaian 1 miliar vaksinasi Covid-19. Nantinya bendera India akan dikibarkan di Benteng Merah yang bersejarah di ibu kota New Delhi.

India merupakan pemasok penting vaksin secara global. Mereka menghentikan ekspor pada April 2021 karena kasus di dalam negeri yang melonjak. Mereka baru melanjutkan ekspor pda awal Oktober 2021. Pemerintah optimistis pasokan vaksin dalam negeri yang meningkat akan cukup untuk memenuhi kebutuhan internasional dan domestik.

Kedua pemasok utama vaksin telah meningkatkan produksi. Serum Institute sekarang memproduksi sekitar 220 juta vaksin per bulan dan sekira 30 juta dari Bharat Biotech. Para ahli mengatakan situasi vaksin di lapangan akan membutuhkan pengawasan terus-menerus.

Pada Rabu 20 Oktober 2021, Kementerian Kesehatan India mengkonfirmasi ada lebih dari 14.000 kasus infeksi baru. Kasus aktifnya mencapai kurang dari 1 persen dari total beban kasusnya. Sekarang lebih dari 34 juta, termasuk lebih dari 450.000 kematian.

Survei serologis yang dilakukan pada Juni dan Juli menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen populasi memiliki antibodi terhadap virus. Kondisi itu mengurangi kemungkinan lonjakan besar dalam beberapa bulan mendatang. Bahkan negara bagian seperti Kerala. di mana infeksi sedang terjadi beberapa minggu lalu, kini telah mengalami penurunan yang berkelanjutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini