Tak Mau Kena Covid-19 Kedua Kalinya? Terapkan 5 Pencegahan Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 612 2490518 tak-mau-kena-covid-19-kedua-kalinya-terapkan-5-pencegahan-ini-J9ocx6icPa.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEREKA yang telah terinfeksi Covid-19 memang memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Tapi, bukan berarti mereka akan kebal dari virus Covid-19, hanya saja infeksi yang diderita memang lebih ringan.

Oleh karena itu, mereka yang sudah sembuh Covid-19 masih harus menerapkan protokol kesehatan. Semua orang tanpa kecuali harus selalu waspada dan menerapkan upaya pencegahan meski kasus sedang menurun saat ini.

Upaya pencegahan dilakukan untuk menghindari terjadinya reinfeksi Covid-19. Sebab seseorang yang sudah terinfeksi masih berpotensi untuk terserang kembali. Lantas apa penyebab seseorang bisa mengalami reinfeksi Covid-19?

 

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, @satgasperubahanperilaku, penyebab terjadi reinfeksi Covid-19 disebabkan oleh dua hal. Salah satunya karena terinfeksi kembali oleh struktur virus corona yang berbeda dengan varian sebelumnya.

Penyebab lainnya adalah seseorang yang terinfeksi Covid-19 akan membangun antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh. Namun beberapa studi menunjukkan tingkat antibodi turun dalam beberapa bulan setelah infeksi positif Covid-19.

Oleh sebab itu sangat penting bagi semua orang termasuk yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 untuk melakukan semua tindakan pencegahan, di antaranya adalah:

1. Memakai masker

2. Menjaga jarak

3. Menjaga kebersihan tangan

4. Menerapkan etika batuk dan bersin

5. Memastikan ventilasi yang memadai untuk menghindari Covid-19.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini