Intip Penjelasan "Kagong", Belajar di Kafe ala Mahasiswa Korea Selatan

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 612 2490523 intip-penjelasan-kagong-belajar-di-kafe-ala-mahasiswa-korea-selatan-CdyrkVmD7p.jpg Xaviera Putri. (Foto: Youtube)

XAVERIA Putri merupakan mahasiswi penerima beasiswa dari pemerintah Korea Selatan yang juga merupakan seorang konten kreator. Selain menjalani kegiatan kampusnya, Xaviera aktif membuat konten seru dan edukatif di YouTube channel miliknya.

Sampai saat ini Xaviera mendapat banyak dukungan positif dari para penonton yang terhibur oleh karya-karyanya. Kini, channel-nya pun mencapai lebih dari 119.000 subscribers. Xaviera merupakan salah satu mahasiswi di KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) yang merupakan kampus No. 1 di Korea Selatan dalam bidang Engineering dan IT.

Bagi warga negara Korea sendiri, menjadi mahasiswa KAIST merupakan kebanggan tersendiri karena sulitnya tes dan persyaratan untuk diterima. Xaviera, remaja kelahiran 2001 ini mengambil 2 major sekaligus yaitu Computer Science dan Business & Technology Management.

Kali ini Xaviera membagikan vlog yang menunjukkan kesibukannya di minggu ujian. Tidak sendirian, Xaviera bersama teman-teman janjian di sebuah kafe untuk belajar bersama. Ia pun mengungkapkan bahwa belajar di kafe atau yang biasa disebut dengan istilah kape gongbu merupakan salah satu budaya belajar para mahasiswa di Korea Selatan.

Cafe Korea

“Pengen nunjukkin ke kalian gimana sih suasana belajar pas mau ujian terus culture disini kayak gimana. Jadi di Korea kita itu punya culture yaitu kagong (kape gongbu), jadi disitu biasanya kita belajar bareng di kafe” ujar Xaviera.

Belajar di suasana yang baru bersama teman, membuat Xaviera makin semangat belajar mempersiapkan ujian. Ia juga menjelaskan bahwa terdapat banyak macam kafe di Korea, bahkan ada cafe khusus belajar yang menyediakan lampu khusus belajar.

Setelah beberapa lama belajar di cafe, Xaviera dan temannya pun pindah ruangan ke dalam salah satu ruangan kampus. “Jadi di KAIST ada banyak space di setiap departemen untuk belajar” ujar Xaviera.

Bagi yang sudah penasaran dengan kegiatan sehari-hari Xaviera, yuk simak video lengkapnya hanya di YouTube channel Xaviera Putri!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini