Perlu PCR untuk Bepergian Pakai Pesawat, Efektifkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 612 2490585 perlu-pcr-untuk-bepergian-pakai-pesawat-efektifkah-MJVj3uTKEU.jpg Ilustrasi Bandara. (Foto: Okezone)

SEIRING dengan semakin banyaknya orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 maka pemerintah pun mulai berani membuka pintu untuk turis atau pendatang asing masuk ke Indonesia. Meski demikian, pemerintah juga berhati-hati dalam mengizinkan orang asing untuk masuk.

Oleh karena itu, pemerintah pun memutuskan untuk memberlakukan tes PCR bagi mereka yang bepergian naik pesawat. Padahal, pesawat menjadi salah satu yang minim penyebaran Covid-19 dibanding moda transportasi lainnya.

Lantas, apakah persyaratan untuk melakukan tes PCR walaupun sudah melakukan dua kali vaksinasi efektif?

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i, melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, mengatakan pada prinsipnya alat tes apapun baik PCR maupun Antigen ketika seseorang negatif tidak bisa memastikan bahwa tidak ada virus dalam tubuhnya.

"Karena ada namanya masa inkubasi jadi bisa saja negatif palsu pada tes tersebut. Sebenarnya kita ada virusnya tapi tidak terdeteksi di alat tersebut. Tapi kalaupun harus di cek Antigen atau PCR ya lebih baik lagi," kata dr. Fajri.

Terkait dengan efektivitasnya, dr. Fajri mengatakan bahwa PCR lebih efektif daripada tes Antigen. Sebab benar-benar dapat menyaring virus dengan baik. Terlebih PCR yang angka menemukan kumannya lebih tinggi daripada antigen.

"Tergantung implementasi kebijakannya seperti apa dan realitanya di lapangan. Yang perlu kita pahami sebagai masyarakat adalah ketika berpergian yakni protokol kesehatan. Sebab ada kemungkinan negatif palsu pada PCR tersebut," lanjutnya.

Alhasil bisa saja seseorang tertular ketika sedang makan bersama di pesawat dan sebagainya. Poinnya tetap menggunakan masker, tetap menjaga jarak, dan kalau bisa hindari makan serta minum di dalam pesawat. Kalaupun harus minum, secepat kilat saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini