Cegah Osteoporosis, Begini 3 Tips Jaga Kesehatan Tulang

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 612 2490626 cegah-osteoporosis-begini-3-tips-jaga-kesehatan-tulang-VnGrpOp4iV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM memperingati dan mendukung hari gerakan osteoporosis sedunia yang jatuh pada 20 Oktober 2021 memang penting untuk sadar dan peduli pada kesehatan tulang sejak dini.

Memang, masalah osteoporisis telah menjadi hal penting dan perlu disikapi dengan serius. Masalahnya, penderita osteoporosis bisa mengancam siapapun baik perempuan, laki-laki para lansia maupun usia muda.

"Didasarkan pada data yang didapatkan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan International Osteoporosis Fondation (IOF) bahwa di dunia masih terdapat lebih dari sekitar 200 juta orang penderita osteoporosis," Ucap Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Maka dari itu mulailah peduli pada kesehatan tulang Anda dari sekarang. Berikut ini dr Andi Kurniawan SPKO selaku wakil ketua 3 PERWATUSI beberkan tips mencegah osteoporosis.

1. Terapkan pola gaya hidup sehat

Hal ini sangat penting dan perlu dilakukan sejak dini yaitu menjaga dan menerapkan pola hidup sehat. Pola tersebut dilakukan mulai dari konsumsi makanan sehat dan mengandung vitamin yang tinggi. "Untuk mencegah osteoporisis yang pertama tentunya menerapkan pola gaya hidup sehat, terutama vitamin dan nutrisi yang tepat," kata Andi Kurniawan

Osteoporosis

2. Konsumsi kalsium dan vitamin D

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu lengkapi kebutuhan pola asupan makanan yang mengandung kalsium dari sekarang.

Selain itu, untuk melengkapi nutrisi vitamin D harian Anda juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang. Mulai dari konsumsi makanan atau berjemur sinar matahari pagi hari.

3. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Untuk memaksimalkan pola hidup sehat dalam mencegah terjadinya osteoporosis, melakukan aktivitas secara rutin perlu dilakukan. Jangan beri ruang untuk bermalas-malasan dengan kurangnya aktivitas fisik demi mencegah peluangnya terjadinya osteoporosis. "Nah inilah yang sedang kita mulai kampanyekan supaya masyarakat itu mempunyai gaya hidup yang aktif dan sehat" pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini