Share

Dukung Pencegahan Osteoporosis, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Atasi Sejak Dini

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 481 2490800 dukung-pencegahan-osteoporosis-wapres-ma-ruf-amin-ajak-atasi-sejak-dini-w7jDdHhSYD.jpg Wapres Ma'ruf Amin mendukung gerakan pencegahan osteoporosis. (Foto: Biro Pers Setwapres)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendukung Gerakan Hari Melawan Osteoporosis Nasional 2021. Acara tersebut digelar pada Sabtu 23 Oktober di Jakarta.

Dukungan ini direalisasikan dalam bentuk kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Nasional (KOMINAS), Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PURWATUSI), serta seluruh jajaran lainnya untuk mengadakan kampanye senam bersama yang bertepatan di Dermaga Jetski, Ancol, Jakarta Utara.

Baca juga: 3 Cara Cegah Osteoporosis sejak Dini, Tulang pun Jadi Kuat 

Kegiatan ini berfokus pada tindakan pencegahan osteoporosis dan pecegahan patah tulang yang diselenggarakan oleh International Osteoporosis Fondation (IOF) bersama dengan sembilan organisasi osteoporilosis di 90 negara.

"Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia yang diberikan sehingga kita dapat berpartisipasi dalam pencanangan Gerakan Hari Osteoporosis Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Oktober 2021," ujar Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan secara daring.

Gerakan pencegahan osteoporosis. (Foto: Bertold Ananda/MNC Portal)

Ia mengatakan bahwa osteoporosis masih menjadi permasalahan dunia yang kerap terjadi di tengah masyarakat, khususnya pada negara berkembang.

Baca juga: Masih Bisa Salto di Usia 70 Tahun, Kak Seto Ungkap Rahasinya: Gembira 

Hal tersebut didasarkan pada data yang didapatkan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan International Osteoporosis Fondation (IOF) bahwa di dunia masih terdapat lebih dari 200 juta orang penderita osteoporosis.

Selain itu, tercatat 50 persen kejadian patah tulang disebabkan karena osteoporosis. Kondisi ini dapat memicu kecacatan seumur hidup hingga kematian.

Lebih parahnya lagi, WHO menyatakan bahwa osteoporisis menjadi silent disease yang menjadi ancaman nyata bagi kesehatan dunia.

"Osteoporosis di Indonesia tercatat pada perempuan di usia 50–80 sebesar 23 persen dan usia 70–80 tahun sebesar 53 persen," tambah Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Mau Bebas Nyeri Sendi setelah Bangun Tidur? Coba Lakukan Peregangan Ini 

Sementara untuk angka prevalensi patah tulang belakang terkuak dengan sebesar 9 persen pada perempuan. Sementara untuk laki-laki tercatat 16 persen.

Oleh karena itu, Wapres Ma'ruf Amin menegaskan masalah osteoporosis perlu disikapi dengan serius sejak dini. Hal tersebut karena penderita osteoporosis bisa mengancam siapa pun, baik perempuan dan laki-laki, maupun lansia dan usia muda.

Baca juga: 5 Alasan Wanita Lebih Rentan Osteoporosis dibanding Pria 

"Masyarakat tidak menyadari bahwa osteoporosis dapat mengancam kesehatan tulang. Minimnya aktivitas masyarakat di luar ruangan, malas bergerak, dan kurang beraktivitas fisik terlebih di masa pandemi ini di mana pola bekerja, belajar, serta beraktivitas dapat menjadiakan peluang terjadinya osteoporosis," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini