Kemenkes Jelaskan Pentingnya Telehealth bagi Kesehatan di Masa Depan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 481 2490809 kemenkes-jelaskan-pentingnya-telehealth-bagi-kesehatan-di-masa-depan-0VxnWmQpbI.jpg Ilustrasi telehealth. (Foto: Pixabay)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menyatakan peran dokter sangat mendasar terhadap kesejahteraan bangsa. Sayangnya, tercatat hingga 2018, Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi. Jumlah ini terbilang cukup tertinggal dibanding negara tetangga.

Kondisi tersebut makin dipersulit dengan tantangan yang dihadapi selama pandemi covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun. Terlebih lagi pandemi telah merenggut ratusan nyawa pahlawan kesehatan.

Baca juga: Kemenkes Kelebihan Bayar Insentif Nakes 2021, Berapa Jumlahnya? 

Oleh karena itu, peran teknologi harus mampu menjembatani akses yang lebih luas. Terutama bagi pasien serta keamanan bagi dokter di masa sulit. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan roadmap transformasi digital di sektor kesehatan hingga 2024.

Chief Digital Transformation Office Kemenkes RI Setiaji ST MSi mengatakan transformasi digital di sektor kesehatan harus terdapat peranan telehealth dalam membantu mewujudkan layanan kesehatan yang merata dan inklusif.

Ilustrasi telehealth.

"Saat ini Kemenkes telah membentuk Digital Transformation Office dalam rangka mempersiapkan masa depan sistem kesehatan di Indonesia," kata Setiaji dalam virtual press conference 'Layanan Telehealth Bantu Dokter Jangkau Lebih Banyak Masyarakat' pada Jumat 22 Oktober 2021.

Baca juga: Kemenkes Ingatkan Nakes yang Tak Kembalikan Kelebihan Insentif: Sanksi Menanti 

Lebih lanjut Setiaji mengatakan dalam beberapa tahun ke depan masyarakat diharapkan bisa mengakses layanan kesehatan digital. Nantinya layanan tersebut mulai dalam kandungan hingga menghadapi kondisi kritis. Semua rekam medis akan terintegrasi pada satu sistem.

"Sehingga masing-masing orang nantinya akan memiliki personal health record. Teknologi seperti telehealth ini tidak hanya membantu para dokter meningkatkan skill, namun juga memperluas jangkauan layanannya," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini