Pakai Masker Terlalu Ketat Bikin Sakit Kepala, Ini Cara Mengobatinya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 481 2490881 pakai-masker-terlalu-ketat-bikin-sakit-kepala-ini-cara-mengobatinya-XrkAofs3a5.jpg Ilustrasi sakit kepala akibat pakai masker terlalu ketat. (Foto: Freepik)

MEMAKAI masker terlalu ketat kadang membuat sakit kepala. Ini akibat masker betul-betul menekan wajah. Demikian diungkapkan praktisi kesehatan dr Riana Nirmala Wijaya.

Ia mengatakan, untuk mengobati sakit kepala akibat pemakaian masker, disarankan memijat beberapa bagian di wajah agar tidak terlalu tegang ketika masker sudah dibuka.

Baca juga: 5 Tutorial Hijab Pashmina Cantik saat Pakai Masker, Simpel dan Rapi 

"Ada beberapa titik, seperti di bawah alis, daerah kelopak mata, samping mata, tulang rahang bawah naik ke telinga bisa dipijat," kata dr Riana, seperti dikutip dari Antara, Minggu (24/10/2021).

Masker. (Foto: Pixabay/Antara)

Jika diperlukan, pijat juga bagian leher bawah di dekat kelenjar getah bening serta bagian dahi depan. Pijatlah dengan jempol dengan gerakan memutar yang ringan tanpa terlalu banyak tenaga.

"Pijat ringan saja dan jangan lupa bersihkan dulu tangan," lanjutnya.

Baca juga: Perlukah Anak-Anak Pakai Respirator N95? 

Dokter Riana menambahkan, sakit kepala dapat menjadi salah satu penghambat jika tidak segera diobati.

"Oleh karena itu, analgesik dengan formula kombinasi parasetamol dan kafein yang dapat meredakan sakit kepala dalam waktu singkat, tanpa menyebabkan kantuk sehingga memungkinkan penderita sakit kepala untuk segera melanjutkan aktivitasnya," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini