Kepala Pusing Bisa Jadi Pertanda Vertigo, Ini Ciri-cirinya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 481 2490888 kepala-pusing-bisa-jadi-pertanda-vertigo-ini-ciri-cirinya-5R1bZVliAQ.jpg Ilustrasi gejala vertigo. (Foto: Peggy Marco/Pixabay)

JANGAN sepelekan jika kepala terasa pusing, bisa jadi ini pertanda vertigo. Misalnya ketika berbaring di tempat tidur, kemudian berdiri secara tiba-tiba, lalu hilang keseimbangan, ini bisa menjadi gejala vertigo.

"Pusing mungkin menyiratkan vertigo, keseimbangan tubuh yang buruk atau pingsan," kata dr Pawan Ojha, ahli saraf di Hiranandani Hospital India, seperti dilansir laman Indian Express.

Baca juga: Pentingnya Edukasi Masyarakat soal Kesehatan, Termasuk Penyakit Vertigo 

"Vertigo adalah jenis pusing yang membuat Anda terasa seperti berputar, dapat berlangsung beberapa detik hingga berhari-hari dan sering memburuk dengan gerakan," lanjutnya, dikutip dari Antara, Minggu (24/10/2021).

Vertigo umumnya disebabkan masalah pada saraf vestibular atau bagian otak yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh.

Ilustrasi vertigo.

Penyebab lainnya bisa jadi neuritis vestibular yang terjadi karena infeksi virus atau penyakit autoimun pada saraf vestibular, menyebabkan penderita mual atau muntah dapat berlangsung hingga beberapa hari.

"Stroke adalah kondisi penting dan serius yang menyebabkan pusing. Selain itu, infeksi otak, multiple sclerosis (MS), hipotiroidisme, dan gangguan lainnya dapat menyebabkan vertigo bahkan tanpa demam," kata dr Ojha.

Baca juga: Vertigo Kepala Pusing Berputar Atasi dengan Resep Herbal Ustaz Zaidul Akbar 

Ada sejumlah tanda yang bisa menjadi rujukan penyebab vertigo serius, antara lain sakit kepala parah, muntah, terjadi ketidakseimbangan terus-menerus, penglihatan ganda, masalah penglihatan, kehilangan pendengaran mendadak.

Tanda lainnya bisa jadi gejala awal stroke seperti melemahnya atau mati rasa di lengan atau kaki, wajah terkulai ke satu sisi, dan kesulitan saat berbicara atau menelan.

Orang yang berusia di atas 60 tahun dengan diabetes, hipertensi, merokok, dan riwayat penyakit jantung atau stroke harus ekstrahati-hati.

Baca juga: Sakit Vertigo Ternyata Bisa Diredakan dengan Gerakan Kepala 

"Batasi asupan natrium, hindari kafein, cokelat, alkohol, dan merokok. Jika didiagnosis tepat waktu, stroke dapat diobati secara efisien dengan penghilang gumpalan darah dan/atau pengobatan intervensi," imbau dr Ojha.

"Jika vertigo disebabkan oleh masalah serius lainnya, seperti tumor otak atau cedera pada otak atau leher, perawatan bedah mungkin diperlukan," tuntasnya.

Baca juga: Kena Vertigo, Coba Atasi dengan Teh Jahe dan Madu 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini