Guys, Ini Lho Kadar Gula Darah Normal untuk Pria

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 481 2490896 guys-ini-lho-kadar-gula-darah-normal-untuk-pria-AuJ4XH0xjp.jpg Ilustrasi cek kadar gula darah pada pria. (Foto: Xb100/Freepik)

MENJAGA kadar gula darah tetap normal sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kadar gula darah rendah atau tinggi bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, terutama berkaitan dengan diabetes.

Tidak hanya yang berlebihan, gula darah rendah juga berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Kadar gula darah rendah dapat menyebabkan hipoglikemia atau suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah atau glukosa turun terlalu rendah.

Baca juga: 4 Cara Atasi Gula Darah Naik di Malam Hari, Diabetesi Wajib Tahu! 

Kondisi hipoglikemia sendiri bisa disebabkan berbagai hal. Mulai pengobatan diabetes, mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengonsumsi alkohol berlebihan, mengalami penyakit-penyakit tertentu, kelaparan, hingga produksi insulin berlebihan.

Ilustrasi cek kadar gula darah.

Seperti diketahui, gula darah atau glukosa sangat penting perannya bagi tubuh. Sebab, setelah diproses oleh insulin, gula darah bakal diubah menjadi energi atau tenaga penggerak bagi sel-sel dalam tubuh. Maka itu, tubuh akan terasa lemas jika kadar gula darah terlalu rendah.

Lantas, berapa kadar gula darah yang normal, terutama untuk pria?

Baca juga: 5 Khasiat Teh Kunyit, Salah Satunya Mengatur Kadar Gula Darah 

Dikutip dari situs BreatheWellBeing, Minggu (24/10/2021), kadar gula darah normal untuk pria tanpa diabetes yakni di antara 90 hingga 110 mg/dL. Namun, kadar gula darah normal untuk pria dengan diabetes seharunya berada di antara 80 sampai 130mg/dL sebelum makan. Secara umum, kadar gula darah biasanya diukur setelah 8 jam makan.

Kisaran gula darah normal untuk orang dewasa yang sehat, baik pria maupun perempuan, adalah >70 mg/dL dan < 100 mg/dL setelah 8 jam puasa. Sedangkan kadar gula darah normal pada orang sehat setelah 2 jam makan adalah antara 90 sampai 100 mg/dL.

Sebenarnya kadar glukosa darah berubah sepanjang hari. Sebab, ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah kadar gula darah atau glukosa. Di antaranya jenis makanan, kuantitas makanan, aktivitas fisik yang dilakoni, obat-obatan tertentu, kondisi medis, merokok, hingga usia.

Bagi Anda yang memiliki kadar gula tinggi atau rendah, ada lho cara-cara untuk menormalkan kembali kadar gula atau glukosa. Apa saja? Berikut langkah-langkahnya, dirangkum dari laman Healthline.

Baca juga: Buat Penderita Diabetes, Ini Menu Makanan yang Tepat untuk Cegah Gula Darah Naik 

1. Mengonsumsi makanan rendah karbohidrat

2. Mengurangi konsumsi karbohidrat olahan

3. Mengurangi asupan gula

4. Menjaga berat badan ideal

Baca juga: Kontrol Gula Darah, Bolehkah Tambahkan Gula ke Makanan? 

5. Rutin olahraga

6. Makan lebih banyak serat

7. Banyak minum air putih

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini