Antisipasi Gelombang Ketiga, Menkes Pastikan Akhir Tahun Molnupiravir Hadir di Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 481 2491457 antisipasi-gelombang-ketiga-menkes-pastikan-akhir-tahun-molnupiravir-hadir-di-indonesia-mTO34iXI7t.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Biotech)

RUPANYA gelombang ketiga Covid-19 banyak dikhawatirkan terjadi di akhir 2021. Terlebih, adanya libur Natal dan Tahun Baru 2022 membuat potensi itu semakin jelas.

Meski begitu, upaya pencegahan dan antisipasi terus dilakukan pemerintah. Bukan hanya meminimalisir risiko penyebaran virus di tengah masyarakat, tetapi memastikan tercukupinya obat-obatan yang diperlukan, seperti obat Molnupiravir.

 Menkes Budi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan bahwa Pemerintah Indonesia sudah berkunjung ke perusahaan obat Merck di Amerika Serikat untuk mendatangkan obat Molnupiravir yang diproduksi perusahaan farmasi tersebut.

"Jadi, kami mendampingi Menko Marinves sudah berkunjung ke Merck Amerika Serikat dan kami sudah sampai di tahap finalisasi dari agreement agar Indonesia bisa mengadakan tablet Molnupiravir yang diusahakan hadir di tahun ini," kata Menkes Budi dalam keterangan pers virtualnya, Senin (25/10/2021).

Ia melanjutkan, dengan adanya tablet Molnupiravir produksi Merck AS, artinya Indonesia memiliki cadangan obat yang cukup bila ada potensi gelombang berikutnya.

Dalam keterangan resminya tersebut, Menkes Budi juga menjelaskan bahwa Indonesia sudah menjajaki kerjasama dengan Merch terkait menghadirkan pabrik Merck di sini.

"Kami sudah menjajaki kerjasama dengan mereka untuk bisa membangun pabrik obatnya juga di Indonesia, dan termasuk bahan baku obatnya," tambahnya.

Molnupiravir sendiri merupakan obat oral-antiviral yang diklaim memiliki efektivitas yang baik dalam mengatasi infeksi Covid-19. Jadi, obat tablet tersebut diketahui dapat mempercepat proses kesembuhan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit hingga menurunkan risiko kematian.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini