Perlukah Bedakan Krim Pelembab Siang dan Malam? Ini Kata Dermatologis

Senin 25 Oktober 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 611 2491472 perlukah-bedakan-krim-pelembab-siang-dan-malam-ini-kata-dermatologis-XJTYLcRKJk.jpg Pakai pelembab (Foto: Healthline)

RUPANYA krim pelembab jadi salah satu perawatan kulit wajah yang paling dasar. Dipakai dengan tujuan untuk menghidrasi kulit wajah, mencerahkan, menghaluskan, mengenyalkan kulit wajah, mengencangkan dan tentu saja melembabkan kulit.

Meski sebagai skincare dasar, mungkin masih banyak yang bingung. Sebetulnya krim pelembap yang digunakan pada siang hari dan malam hari, apakah harus krim pelembab yang berbeda atau bisa juga cukup pakai satu krim multi-purpose yang bisa digunakan siang dan malam.

 pakai pelembab

Krim pelembap siang dan malam hari sendiri, dikatakan oleh dokter kulit Jessica Wu, dermatologis di Los Angeles dan anggota American Academy of Dermatology, ada dua karateristik yang membedakan antara krim pelembap untuk siang hari dan krim pelembap untuk malam hari.

Pelembab siang hari memiliki SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV saat kita beraktivitas di luar ruangan. Daytime mosturizer biasanya juga cenderung lebih ringan, sehingga memang bisa dipakai bersamaan dengan produk makeup tanpa membuat wajah jadi terasa berminyak atau mengilap berlebihan.

Sementara pelembab malam hari, disebutkan punya kandungan yang lebih kaya dan cenderung tak mengandung SPF. Night mosturizer biasanya mengandung bahan-bahan seperti retinoid untuk mengenyalkan kulit dan asam glikolat untuk memoles, kandungan seperti ini biasanya eksklusif untuk formula krim pelembap malam hari karena dapat membuat kulit sensitif terhadap matahari.

Lalu apakah kita idealnya memang butuh dua pelembap yang berbeda untuk siang dan malam hari? Dokter Jessica menyarankan, kita memang sebaiknya menggunakan dua pelembap yang berbeda di siang hari dan untuk malam hari.

“Sebaiknya kenakan produk dengan SPF di siang hari jika Anda akan berada di luar rumah, atau bahkan jika berada di dalam ruangan sekalipun tetapi di dekat jendela dengan sinar matahari yang masuk,” ujar Dokter Jessica, Senin (25/10/2021).

Dengan memisahkan pemakaian pelembab di siang hari dan yang untuk di malam hari. Jessica menambahkan, maka manfaat yang didapat dari kandungan bahan yang terdapat pada pelembap juga jadi lebih banyak.

“Banyak pasien saya lebih suka menggunakan produk pelembab yang berbeda untuk siang dan malam karena mereka menginginkan manfaat dari bahan yang berbeda. Misalnya, seseorang mungkin memilih untuk menggunakan pelembab antioksidan di pagi hari dan produk dengan retinoid di malam hari,” tambahnya.

Mengenakan pelembab mengandung SPF di siang hari juga akan membantu mencegah munculnya bintik hitam dan perubahan warna kulit. Serta memperlambat perkembangan kerutan di wajah dan tentunya tujuan utama dari SPF adalah melindungi kita dari potensi kanker kulit.

Dokter Jessica mengingatkan, jika tetap ingin hanya pakai satu jenis pelembap saja. Maka pilih pelembap multi-purpose untuk siang-malam yang mengandung SPF karena sejatinya, tidak ada salahnya untuk juga menggunakan SPF di malam hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini